News

Kak Seto Sebut Banyak Anak Mulai Stres di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 25 April 2020 | 15:05 WITA
Kak Seto Sebut Banyak Anak Mulai Stres di Tengah Pandemi Covid-19

bbn/liputan6.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Psikolog Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto mengungkapkan, anjuran di rumah saja karena pandemi Corona, mulai menganggu kesehatan mental anak.
Kak Seto mengatakan demikian setelah menerima beberapa laporan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia soal dampak pandemi Corona ke anak-anak.
"Banyak anak-anak yang mengalami stres, tertekan," kata Kak Seto saat konferensi Pers di Gedung BNPB, Sabtu (25/4/2020).
Menurut dia, sementara ini, orangtua menggantikan peran guru, sehingga proses belajar-mengajar dilakukan di rumah. Ketidaksabaran orang tua dalam mendidik inilah yang sering kali menyebabkan anak menjadi tertekan di tengah pandemi Corona.
"Para orang tua sekarang harus menjadi guru tiba-tiba di dalam rumah dan kemudian mencoba untuk menjelaskan, menerangkan tentang memaksakan hal ini dicapai oleh putra-putrinya sendiri sehingga akhirnya yang muncul adalah anak-anak tertekan," ujar Kak Seto.
Kak Seto menerangkan, kondisi ini pun membuat anak-anak rindu ingin segera kembali lagi ke sekolah.
"Mereka mah bertemu dengan guru untuk menjelaskannya dengan lebih nyaman lebih tenang lebih kreatif dan sebagainya. tekanan-tekanan demikian tanpa sadar menimbulkan kekerasan terhadap anak dan dampaknya anak-anak juga mengalami stres," papar dia.
Kak Seto mengungkapkan orang tua saat ini kurang mengontrol penggunaan gadget pada anak. Menurut dia, suasana itu juga bisa membuat anak-anak tertekan.
"Anak-anak kemudian lari ke gadget mereka mencoba untuk mendapatkan informasi. Tanpa pendampingan dari orang tua, tidak ada persahabatan di dalam keluarga sehingga apa yang diunggah oleh anak-anak melalui media gadget tadi. Kadang nuansanya penuh kekerasan, mungkin pornografi," tandas dia.
Sumber: Liputan6.com

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Anak-anak Pandemi Corona


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV