Informasi

1,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Bisa Memvaksin 600 Ribu Orang

Rabu, 09 Desember 2020 | 10:45 WITA
1,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Bisa Memvaksin 600 Ribu Orang

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JAKARTA.
Vaksin Covid-19 dari Sinovac yang tiba di tanah air pada Minggu (6/12/2020) lalu, saat ini sudah disimpan dengan aman di fasilitas penyimpanan milik PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, vaksin yang tiba itu sebanyak 1,2 juta dosis atau setara untuk memvaksin 600 ribu orang. 
"Kehadiran vaksin ini tentunya merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 di Indonesia. Ini adalah kolaborasi antara pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan berbagai pihak lainnya," ungkap Wiku saat memberikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden, Selasa (8/12/2020) yang disiarkan langsung Kanal YouTube Sekretariat Presiden. 
Saat ini, Wiku menekankan vaksin yang sudah tiba di tanah air itu menunggu izin Emergency Use of Authorization atau (EUA) yang akan dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM). Lalu, selain vaksin Sinovac yang baru masuk, masih ada berbagai kandidat vaksin lainnya sesuai Keputusan Menteri Kesehatan No. 9860 Tahun 2020. Diantaranya AstraZeneca, BioFarma, Moderna, Pfizer, dan Sinopharm. 
Menurut Wiku, vaksin Covid-19 ini tujuannya salah satu upaya penanganan pandemi dengan menghadirkan kekebalan komunitas atau herd immunity. Ia juga menginformasikan, agar tercapai tujuan yang dimaksud, dibutuhkan sekitar 70% populasi yang harus divaksin agar terbentuk kekebalan komunitas dan sangat tergantung efektifitas vaksin tersebut. 
"Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dampak vaksinasi terhadap pengendalian transmisi penularan Covid-19 akan berlangsung secara bertahap," lanjutnya. 
Oleh karena itu, sebelum kekebalan komunitas terbentuk melalui vaksin, masyarakat harus tetap disiplin dalam melakukan protokol kesehatan. 
"Ingat, kedisplinan terhadap protokol kesehatan tetap merupakan kunci utama penangangan Covid-19 yang efektif," imbuhnya. 
Disamping itu, saat menjawab pertanyaan media tentang vaksin, Wiku menjelaskan Badan POM segera melakukan pengujian vaksin Covid-19 Sinovac yang baru tiba di tanah air. Pengujian itu adalah hal penting untuk mengeluarkan EUA setelah hasil uji selesai. 
"Badan POM tentunya berusaha memastikan agar uji yang dilakukan terhadap vaksin dapat sesuai standar dan waktu yang direncanakan," katanya. 

BACA JUGA:

v style="margin-bottom: 15px;">Lalu untuk pemberian vaksin, diprioritaskan bagi kelompok yang berisiko tinggi yang rentan tertular Covid-19. Hal ini sesuai dengan pernyataan Menteri Kesehatan, diantaranya tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan. 

Penulis : Tim Liputan COVID

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Satgascovid19 Ingatpesanibu Ingatpesanibupakaimasker Ingatpesanibujagajarak Ingatpesanibucucitangan Pakaimasker Jagajarak Jagajarakhindarikerumunan Cucitangan Cucitangandengansabun


Collina Kawi Restaurant

Adalah salah satu tempat yang berlokasi di Tampaksiring, Gianyar, Bali sangat nyaman untuk menikmati hijaunya alam dengan pilihan kudapan yang nikmat dengan harga lokal, waktu santai sangat tepat untuk dinikmati dengan pilihan makanan yang bervariasi. Kontak : 081337774488



News Lainnya :

Kamis, 17 Juni 2021 | 10:00
Dituduh Curang Saat Ujian, Siswi SMP Ditemukan Tewas
Seorang siswi SMP di Korea Selatan ditemukan tewas bunuh diri di apartemen setelah dituduhberbuat cu ...
Kamis, 17 Juni 2021 | 09:40
Model Ini Asuransikan Pantatnya, Nilainya Mencapai Rp5 Miliar
Seorang model asal Brasil yang mendapat julukan pantat terbesar mengasuransikan bagian tubuhnya ters ...
Kamis, 17 Juni 2021 | 09:30
Tentara Israel Tembak Dokter Palestina Hingga Tewas
Tentara Israel menembak dokter Palestina hingga tewas. Wanita bernama Mai Afaneh ini dituduh melakuk ...
Kamis, 17 Juni 2021 | 09:15
Tidak Buatkan Sarapan, Suami Tega Kurung Istri
Seorang suami di Selangor, Malaysia mengurung istrinya di apartemen setelah marah karena tidak menyi ...
Kamis, 17 Juni 2021 | 09:10
Diyakini Telah Dikremasi, Kucing Ini Malah Pulang ke Rumah
Sebuah keluarga terkejut ketika mendapati kucing yang mereka yakini telah dikremasi, kembali ke ruma ...


Berita Lainnya

Sabtu, 22 Mei 2021 | 12:50
Kawah Misterius Muncul di Perairan Utara Bali, Ini Penjelasan Pakar
Kapal Militer China menemukan keberadaan kawah misterius di lokasi karamnya KRI Nanggala-402, di per ...
Senin, 07 Juni 2021 | 15:05
Masih di Bawah Umur, Pengantin yang Viral Mendaki Bukit Mengaku Tidak Punya Ortu
Pasangan pengantin asal Desa Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yang viral di media sosial ka ...
Selasa, 18 Mei 2021 | 07:55
"Grubug" Belasan Tahun di Desa Umahanyar, Banyak Krama Meninggal Tidak Wajar
Desa Adat Umahanyar, Mambal, Kecamatan Abiansemal, Badung pernah mengalami "keputungan Mangku&q ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Bali TV