News

10,6 Persen Remaja Berhubungan Seks di Luar Nikah

Jumat, 19 Juni 2009 | 21:39 WITA
10,6 Persen Remaja Berhubungan Seks di Luar Nikah

images.google.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Berdasarkan data Lembaga Remaja Kita Sayang Remaja (Kisara) Bali tercatat sekitar 10,6 persen remaja umur 14-17 tahun di Kota Denpasar mengaku pernah melakukan hubungan seksual. Selain itu 40,6 persen menceritakan kejadian tersebut kepada temannnya.
 
Data tersebut terungkap dari hasil survey yang dilakukan Kisara Bali selama September 2008 sampai Januari 2009. Dari 10,6 persen remaja Kota Denpasar yang mengaku pernah melakukan hubungan seksual hanya 20 persen yang sadar menggunakan kondom. Koordinator Kisara Bali Nyoman Sutarsa Mengungkapkan yang cukup mengkhawatirkan adalah adanya persepsi remaja yaitu membeli kondom merupakan sesuatu yang memalukan. Padahal kondisi ini sangat rawan terhadap penularan HIV/AIDS.
“Ada persepsi yang cukup menarik dimana bagi remaja membeli kondom adalah sesuatu yang memalukan. Padahal ini sangat berkaitan dengan kehamilan yang tidak diinginkan dan penularan HIV/AIDS,” kata Nyoman Sutarsa.
Koordinator Kisara Bali Nyoman Sutarsa menambahkan dari hasil survey juga terungkap rata-rata dalam satu bulan terdapat 32 kehamilan yang tidak diinginkan di kalangan remaja. Namun Sutarsa mengaku belum dapat menyimpulkan apakah hal ini berkaitan dengan budaya masyarakat kota yang cendrung lebih bebas dan individual.

Penulis : Kontributor Buleleng

Editor :


TAGS : Seks Bebas Aids Hiv


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV