News

Ulat Bulu Buleleng Mirip dengan Jawa Timur

Senin, 11 April 2011 | 15:35 WITA
Ulat Bulu Buleleng Mirip dengan Jawa Timur

Beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Hingga saat ini dilaporkan hama ulat bulu telah menyebar di 5 desa di Kabupaten Buleleng. 5 desa yang diketahui diserang ulat bulu diantaranya Desa Baktiseraga, Desa Tukadmungga dan Desa Penglatan di Kecamatan Buleleng, Desa Gerokgak Kecamatan Gerokgak dan Desa Sangsit Kecamatan Sawan.
Hasil pengamatan Dinas Pertanian Bali menunjukkan bahwa secara morfologi ulat bulu yang menyerang tanaman di Kabupaten Buleleng memiliki kemiripan dengan ulat bulu di Jawa Timur.
Kepala Dinas Pertanian Bali Putra Suryawan ketika ditemui Beritabali.com di Renon, Senin (11/4) menyatakan hasil pengamatan lapangan menunjukkan hama ulat bulu pada dasarnya sudah lama ada di Bali. Namun saat ini populasinya mengalami ledakan sehingga merugikan petani.
"Hama yang saya amati di lapangan memang sudah ada cuma populasinya sebelumnya tidak seperti ini, tidak eskplosiv dan kemudian perkembangan ulat bulu ini nampaknya kita lihat iklim mendukung, kemudian yang kedua disebabkan oleh habitatnya yang terganggu," Putra Suryawan.
Suryawan mengakui telah mengirimkan sample ulat bulu ke laboratorium Fakultas pertanian universitas Udayana untuk mengetahui secara pasti morfologi dan spesies dari ulat bulu tersebut.
Selain itu Dinas pertanian Bali juga telah melakukan pengendalian dengan penyemprotan untuk menghindari meluasnya penyebaran ulat bulu tersebut.

Penulis : I Nengah Muliarta

Editor :


TAGS : Hama Ulat Bulu Kecamatan Buleleng Bali


Collina Kawi Restaurant

Adalah salah satu tempat yang berlokasi di Tampaksiring, Gianyar, Bali sangat nyaman untuk menikmati hijaunya alam dengan pilihan kudapan yang nikmat dengan harga lokal, waktu santai sangat tepat untuk dinikmati dengan pilihan makanan yang bervariasi. Kontak : 081337774488



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV