News

Operasi Patuh Digelar, Polisi Bakal Sasar Bule Bawa Motor dengan Telanjang Dada

Rabu, 10 Mei 2017 | 10:23 WITA
Operasi Patuh Digelar, Polisi Bakal Sasar Bule Bawa Motor dengan Telanjang Dada

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Operasi Patuh Jaya 2017 yang digelar serempak di seluruh Indonesia selama 14 hari dari mulai tanggal 9 Mei hingga 22 Mei, digelar di Mapolda Bali, Selasa (9/5) kemarin. Operasi ini menyasar pengendara yang melanggar aturan berlalu-lintas di jalan raya. 
 
Di Bali sendiri, Operasi Patuh ini terbilang sangat menarik. Pasalnya, Dit Lantas Polda Bali melakukan tindakan tegas terhadap turis asing yang mengendarai sepeda motor dengan bertelanjang dada atau mengenakan bikini saja. 
 
"Jadi, turis yang mengendarai motor bertelanjang dada dengan mengenakan bikini tidak ditilang. Kami arahkan nanti untuk kembali ke hotel,” tegasnya usai menggelar Operasi Patuh kemarin (9/5). 
 
Mantan Kapoltabes Denpasar ini menerangkan, prioritas Operasi Patuh Jaya 2017 yang digelar serempak di seluruh Indonesia, salah satunya untuk menurunkan tingkat kecelakaan di Bali. Menurut data yang dihimpun, jumlah lakalantas sepanjang operasi Patuh Jaya tahun 2016 mencapai 49 kasus dengan korban jiwa berjumlah 15 orang. 
 
Selain itu, ada 10.220 pengendara yang ditilang dalam operasi tahun 2016. Sedangkan hingga bulan April tahun ini laka lantas mencapai 5000 kasus. Pada tahun 2016, kasus laka lantas menyentuh angka 25.000.
 
Keterangan terpisah, Dirlantas Polda Bali, Kombes Pol AA Made Sudana menjelaskan dalam Operasi Patuh ini pihaknya menerjunkan 1175 personel dilapangan dengan tujuan menindak tegas pengendara yang melanggar lalulintas. Tak luput, penindakan ini dibebankan kepada kendaraan yang melebihi muatan. 
 
"Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub dalam menindak pelanggar," ungkapnya. 
 
Dia mengimbau kepada anggotanya yang bertugas dilapangan untuk tidak melakukan pungutan liar. 
 
“Saya pastikan anggota tidak lagi bermain-main dengan pungli. Kami jamin dalam operasi ini bersih. Operasi ini juga dipantau oleh pengawas dan dibantu POM," tegas mantan Kabid Humas Polda Bali ini.  
 
Sejauh ini, katanya, potensi sogokan selama operasi dikatakan terbilang kecil apalagi saat ini Polda Bali sudah menerapkan E-Tilang selama razia berlangsung. Sehingga tidak ada celah bagi petugas Lantas untuk pungli. Apabila masyarakat menemukan praktek kotor tersebut, mantan Kabid Humas Polda Bali ini mengimbau untuk melapor temuan tersebut. [spy/wrt]

Penulis : Surya Kelana

Editor : spy/wrt


TAGS : Operasi Patuh Jaya 2017 Tilang Lalu Lintas


Beritajembrana.com - Media Online Jembrana Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Jembrana, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Denpasar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV