Karantina Denpasar Gagalkan Penyelundupan Benih Sayuran Berbahaya dari Tiongkok - Beritabali.com

News

Karantina Denpasar Gagalkan Penyelundupan Benih Sayuran Berbahaya dari Tiongkok

Rabu, 28 Maret 2018 | 00:10 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com.Denpasar, Petugas Karantina Denpasar dan Bea dan Cukai Bandara I Gusti Ngurah Rai, menggagalkan penyelundupan benih sayuran yang memiliki bakteri berbahaya dari Tiongkok ke Bali. Benih sayuran yang diamankan itu seberat 13,5 kg, terdiri dari 23 sachet benih sawi seberat 500 gr, 2 sachet benih pokcay seberat 400 gr dan 4 sachet benih seledri seberat 300 gram. 

Pilihan Redaksi

  • Kepemilikan Ganja, Terdakwa Asal Australia Diputus Rehabilitasi
  • Sebagai Saksi Untuk Istrinya, Jro Jangol Bantah Keterangan Penyidik
  • Hanya BPN dan Pihak Berwenang yang Bisa Pastikan Aset Pemda di Pantai Nyanyi
  •  
    Dalam keterangan resminya, Kepala Seksi Karantina Tumbuhan dan Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar Irsan Nurhantoro, mengatakan, benih sayuran itu terpaksa diamankan karena tidak dilengkapi SIP Mentan dan Phytosanitari Certificate dari Tiongkok. 
     
    "Kami sudah amankan benih sayuran illegal itu. Untuk penumpang yang membawa benih kami bina agar tidak mengulangi perbuatannya," bebernya kemarin (27/3) kemarin. 
     
    Irsan Nurhantoro menerangkan, beraneka jenis benih sayuran yang diamankan tersebut yakni benih sawi, benih pokcay, benih seledri yang  berpotensi membawa organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK). Pasalnya, benih tersebut berasal dari daerah yang belum diketahui riwayat kesehatan t

    Pilihan Redaksi

  • Rugikan Negara Rp.1,2 M, Mantan Bendes Mengwitani Divonis 2,5 Tahun Bui
  • Diduga Memeras Hotel, Oknum Wartawan Dipolisikan
  • Tekan Kasus TBC, PPTI Gandeng PKK Kota Denpasar
  • anamannya. "Kemungkinan benih tersebut bisa terpapar 3 jenis virus tanaman, 6 bakteri tanaman, 4 cendawan dan 3 jenis biji gulma," bebernya.
     
    Diungkapkannya, bakteri dan virus yang dibawa benih tersebut mampu menyerang lebih dari 25 species tanaman dalam famili Brassicaceae (suku sawi-sawian). “Benih ini sangat berbahaya bila ditanam di lahan sawah di Bali. Bayangkan saja berapa hektar sawah yang bisa hancur jika benar benih ini membawa OPTK," kata Irsan Nurhantoro, seraya menambahkan bila benih ini rentan menyebarkan penyakit bagi lahan pertanian lainnya. 
     
    Irsan mengatakan, menurut keterangan si pembawa benih mengaku tidak paham aturan pemasukan benih dari luar negeri ke Bali. "Jadi, setiap benih yang masuk dan dibawa mempunyai potensi besar dalam penyebaran OPTK dilahan pertanian, itu sebabnya kami sangat ketat dalam menerapkan pemeriksaan," ujarnya sembari mengatakan segera akan memusnahkan benih tersebut sehingga tidak mengancam pertanian di Bali. (bbn/Spy/rob)

    Penulis : Surya Kelana

    Editor :


    TAGS : Benih Sayur Ilegal Tiongkok Karantina Denpasar


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV