Senator Bali Pertanyakan Perawatan Jalan By Pass IB Mantra - Beritabali.com

News

Jalan Rusak, Gelap, Kotor, Rawan Kecelakaan

Senator Bali Pertanyakan Perawatan Jalan By Pass IB Mantra

Selasa, 08 Mei 2018 | 17:40 WITA

jalan rusak di wilayah lembeng ketewel gianyar/beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
  Dewan Perwakilan Daerah atau Senator asal Bali, Gede Pasek Suardika, mempertanyakan pola perawatan jalan By Pass IB Mantra. Dengan anggaran dana perawatan rutin yang mencapai miliar rupiah tiap tahunnya, jalan By Pass Ida Bagus Mantra semestinya bisa dirawat dengan baik, tidak pada kondisi saat ini yang terkesan kurang terawat.

Pilihan Redaksi

  • BSN Klarifikasi Tudingan, Even ISO COPOLCO Hanya Bekerja Sama dengan LPKNI
  • DPRD Bali : By Pass IB Mantra Banyak Rusak, Jorok dan Gelap, Rawan Kecelakaan
  • Lumpuh Karena Kecelakaan, Sudarta Tidak Mampu Menjadi Tulang Punggung Keluarga
  •  
    Hal ini disampaikan Pasek kepada wartawan, Selasa (8/5/2018), menanggapi hasil sidak DPRD Bali belum lama ini. Hasil sidak anggota dewan Bali menemukan fakta ada beberapa ruas jalan yang rusak namun tak segera diperbaiki. Kondisi jalan juga terkesan kotor dan gelap di malam hari, minim rambu lalu lintas, sehingga sangat rawan kecelakaan lalu lintas.
     
    Pasek mengaku prihatin, karena dengan anggaran pemeliharaan jalan yang ada, semestinya dinas terkait bisa melakukan perawatan jalan dengan baik, sehingga kondisi jalan tidak seperti saat ini.
     
    "Ini sungguh memprihatinkan, karena untuk merawat (jalan by pass IB Mantra) saja koordinasinya tidak jelas," tegas politisi partai Hanura asal Buleleng ini.
     
    Pasek minta pihak terkait, dalam hal ini Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah VIII, agar lebih memperhatikan perawatan jalan sepanjang ruas jalan by pass Prof Dr. Ida Bagus Mantra.
     
    "Jalan itu (by pass IB Mantra) merupakan jalan utama. Akan amat berbahaya bagi pengguna jalan jika kurang diperhatikan perawatannya. Di sana banyak perempatan. JIka jalan berlobang dan gelap di malam hari akan sangat berbahaya dan rawan terjadi kecelakaan," ujarnya.   
     
    Sebelumnya, anggota DPRD Provinsi Bali Gusti Putu Widjera meminta Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah VIII memperhatikan sepanjang Jalan Prof Dr. Ida Bagus Mantra yang banyak kerusakannya.
     
    "Sepanjang By Pass IB Mantra dari Tohpati (Denpasar) hingga Kusamba, Kabupaten Klungkung sudah banyak yang terkelupas. Bahkan di dekat Kantor Polsek Denpasar Timur jalan tersebut rusak, sehingga dalam pekan ini sudah ada kecelakaan pengendara sepeda motor di kawasan tersebut," kata Widjera di Denpasar, Kamis (3/5/2018).
     
    Ia mengatakan tanggung jawab mengenai pemeliharaan jalan bypass IB Mantra tersebut adalah BPJN, oleh karena itu pihaknya berharap segera melakukan perbaikan dan pemeliharaan secara rutin dalam upaya menjaga keselamatan bagi pengendara.
     
    "Kalau sudah jalannya bagus dan mulus, serta pada malam hari penerangan jalan tersebut nyala, maka angka kecelakaan bisa ditekan," ujar politikus asal Desa Menanga, Kabupaten Karangasem.
     
    Gusti Widjera mengataka

    Pilihan Redaksi

  • Minta Usut Tuntas Kasus Ahui, Massa Kembali Geruduk Kantor Imigrasi
  • Keluarga Balita Tewas Misterius di Sidemen Minta Kejelasan Polisi
  • Pura Sri Mariamman, Pura Tertua di Singapura
  • n, jembatan yang berada di atas Sungai Petanu, Kabupaten Gianyar, saat ini kondisinya aspalnya terkelupas, begitu juga di sisi selatan jalannya gelombang. Hal tersebut jelas membahayakan pengendara, terutama pengendara roda dua yang tidak mengetahui terjadi kerusakan jalan di lokasi itu.
     
    "Saya amati sepanjang Jalan IB Mantra dalam pemeliharaannya masih kurang. Sehingga terkesan juga jorok, sebab banyak sampah di pinggir jalan itu. Petugas terkait seakan membiarkan para pedagang berjualan di pinggir jalan tersebut," ucapnya.
     
    Ia mengatakan jalan nasional tersebut seharusnya dilakukan penataan secara berkelanjutan, baik itu taman di median jalan, kebersihannya, termasuk pemeliharaan di badan jalan itu. Tapi kenyataannya tetap saja jorok.
     
    "Malam hari juga penerangan jalan tersebut juga sebagian padam. Sehingga menganggu arus lalu lintas. Hal itu pun tidak ada tanda-tanda perbaikan untuk menyalakan LPJ tersebut. Lantas dimana tanggung jawab dari Satker BPJN bypass IB Mantra," katanya. [bbn/psk]

    Penulis : Putra Setiawan

    Editor : psk


    TAGS : Ib Mantra Jalan Rusak Bpjn


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV