Permintaan Sedikit, Petani Merugi Karena Harga Kelapa Butiran Anjlok - Beritabali.com

Ekbis

Permintaan Sedikit, Petani Merugi Karena Harga Kelapa Butiran Anjlok

Rabu, 27 Juni 2018 | 08:15 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Beritabali.com,Jembrana. Permintaan kelapa butiran yang menipis mengakibatkan harga kelapa butiran di tingkat petani di Kabupaten Jembrana kini anjlok sehingga sejumlah petani kelapa mengeluhkan penurunan harga lantaran terancam merugi.

Pilihan Redaksi

  • KPUD Jembrana Mulai Distribusi Logistik Pilgub Bali
  • Angin Kencang, BPBD Jembrana Himbau Nelayan Waspada
  • Kurun Waktu 3 Hari, 11 Penyu Ditemukan Mati di Pantai Jembrana
  •  
    Selain petani, dampak dari anjloknya harga kelapa butiran juga dirasakan oleh beberapa pengepul karena sulit menyalurkan kelapa hasil petani tersebut. Menurut sejumlah petani kelapa di Jembrana, penurunan harga kelapa butiran di tingkat petani, telah terjadi sejak lima bulan lalu. Dimana lima bulan lalu, harga di tingkat petani mencapai Rp 3000 per-butir. Namun menurun menjadi Rp 2000 per-butir.
     
    “Harga dua ribu rupiah per butir tersebut hanya bertahan kurang dari satu minggu dan kembali turun menjadi seribu tujuh ratus rupiah,” terang Wayan Ardana, salah seorang petani

    Pilihan Redaksi

  • Polresta Denpasar Periksa 5 Pelaku Narkoba Untuk Mengejar Pelaku Lain
  • Danrem 163 Wira Satya Tegaskan Kembali Netralitas TNI
  • KPUD Tabanan Bakar 78 Surat Suara yang Rusak
  • kelapa di Mendoyo, Selasa (26/6).
     
    Bahkan menurut Ardana, penurunan terus terjadi hingga saat ini harga kelapa butiran di tingkat petani hanya Rp 1500 per-butir. Kondisi ini membuat sejumlah terancam merugi lantaran biaya produksi, termasuk biaya panen sangat tinggi.
     
    Salah satu pengepul yang sangat merasakan dari anjloknya harga kelapa butiran Ni Kadek Ayu Adhi Armawati membenarkan penurunan harga kelapa butiran di tingkat petani itu sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Dimana saat ini di tingkat petani harga kelapa butiran hanya Rp 1500 per-butir. Sedangkan sebelumnya Rp 3000 per-butir dan turun lagi menjadi Rp 1700 per-butir.
     
    “Stok kelapa butiran di gudang saya sangat banyak, bahkan hampir tidak bisa menampung. Sementara permintaan buah kelapa butiran dari luar daerah sedikit. Kalau saya tidak beli ke petani kasihan petaninya tidak ada pemasukan,” tutupnya. (bbn/Jim/rob)

    Penulis : bbn/jim

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Harga Kelapa Butiran Anjlok Petani Merugi


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV