Hukrim

Sanksi Tilang Hingga Penahanan bagi Travel Gelap yang Angkut Pemudik

Selasa, 04 Mei 2021 | 21:50 WITA
Sanksi Tilang Hingga Penahanan bagi Travel Gelap yang Angkut Pemudik

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polda Bali menerjunkan 1.750 personel gabungan Polri/TNI bersama stakeholder terkait. 
Pengerahan ribuan personel ini tergabung dalam sandi Operasi Ketupat 2021. Menurut Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra ditengah jumpa pers dengan awak media cetak dan elektronik, pihaknya sudah melaksanakan rapat koordinasi bersama TNI dan stakeholder di Polda Bali pada Selasa 4 Mei 2021. Pelaksanaan rapat koordinasi ini sebagai kesiapan pengamanan menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah. 
"Konsentrasi kami terkait adanya larangan dari pemerintah kepada masyarakat yang melaksanakan mudik demi keselamatan dan kesehatan bersama," tegas Irjen Putu Jayan, Selasa (4/5/2021). 
Dijelaskannya, Operasi Ketupat sedianya dilaksanakan mulai 6-17 Mei 2021. Dalam pelaksanaannya Polda Bali telah mendirikan 7 pos pengamanan yang diperuntukkan pada penyekatan dan pemeriksaan terhadap pemudik. 
Diungkapkannya, ke-7 pos tersebut dibangun pada titik-titik sentral yang selama ini menjadi tempat lalu lalang masyarakat keluar masuk Bali. Seperti di Denpasar, Pelabuan Gilimanuk dan Padang Bai dan Bandara Ngurah Rai. 
"Jadi, bagi yang melakukan perjalanan ke luar Bali wajib membawa surat terutama perjananan dinas atau pun keperluan lain yang nantinya juga diverifikasi oleh kepolisian," tegasnya. 
Sementara khusus angkutan penumpang yang diizinkan adalah AKAP dan AJAP. Bus tersebut sudah dipasangi stiker khusus lengkap dengan scan barcode oleh Dinas Perhubungan. 
"Di luar itu (angkutan dipasangi stiker) adalah travel gelap. Apabila tidak sesuai ketentuan, maka diminta kembali," bebernya. 
Jenderal bintang dua di pundak asal Bangli ini kembali menegaskan, tidak hanya diminta kembali tapi pihaknya juga menyiapkan sanksi tilang bagi travel gelap dan tidak menutup kemungkinan dilakukan penahanan. 
Lantas bagaimana dengan wisatawan masuk Bali? Kapolda Putu Jayan mengatakan sesuai prosedur surat edaran Gubernur Bali, bagi yang masuk ke wilayah Bali wajib menjalani pemeriksaan rapid test antigen dan PCR, tegasnya.

Penulis : Surya Kelana

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Kapolda Bali Mudik Travel Gelap Sanksi Tilang


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV