Penggunaan Bahasa Bali Halus di Kalangan Anak Muda Mengalami Penurunan - Beritabali.com

News

Penggunaan Bahasa Bali Halus di Kalangan Anak Muda Mengalami Penurunan

Jumat, 15 Februari 2019 | 09:31 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Penggunaan bahasa Bali halus pada generasi muda di Bali saat ini telah mulai mengalami penurunan dikarenakan Bali sebagai daerah pariwisata dan sebagai bagian dari NKRI yang lebih mengutamakan bahasa Indonesia. Selain itu, anggapan anak muda Bali sampai saat ini, menulis maupun membaca aksara Bali dirasa masih susah.

Pilihan Redaksi

  • Bulan Bahasa Bali, Jadi Ajang Penguatan Wiweka Dalam Era Modernisasi
  • Badung Gelar Festival Bulan Bahasa Bali
  • Tandai Pembukaan Bulan Bahasa Bali, Koster "Nyurat" Lontar Bersama Ribuan Peserta
  •  
    "Wajar saja, karena Bali sebagai daerah pariwisata dan sebagai bagian dari NKRI juga harus berbahasa Indonesia, diutamakan bahasa Indonesia, seharusnya kuasai bahasa asing dan lestarikan juga bahasa daerah," jelas pakar aksara Bali yang juga Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, Nala Antara, Kamis (14/2).
     
    Dilanjutkan, degradasi ini juga disebabkan kendala dari sisi bahasa Bali yang terdapat anggah-ungguh atau tata cara berbahasanya. Sehingga, kata dia, menyebabkan generasi muda Bali kurang begitu fasih berbahasa Bali. Maka dari itu, lanjutnya peran para guru di sekolah khususnya guru sekolah dasar diperlukan untuk memperkenalkan dan membuat pelajaran dibawakan semenarik mungkin.
     
     
    "Sekarang tergantung kebiasaan dari sejak awal, bagaimana agar pembelajaran bahasa Bali, tersebut dapat dibuat dengan semenarik mungkin. Itu yang penting harus dilakukan para guru-guru di sekolah," ucapnya.
     
    Ia mencontohkan dapat dilakukan dengan alat peraga-peraga yang menarik atau lewat game tentunya disinergikan dengan IT agar penyajianya tidak membosankan. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Bahasa Bali Halus Anggah-Ungguh Kalangan Pemuda


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV