PPTI Badung Beri Paket Makanan Tambahan pada Penderita TBC - Beritabali.com

Informasi

Peringati Hari TBC Sedunia

PPTI Badung Beri Paket Makanan Tambahan pada Penderita TBC

Jumat, 22 Maret 2019 | 18:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Perhimpunan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kabupaten Badung terus berupaya menemukan dan mengobati penderita TBC dari masyarakat Kabupaten Badung. 

Pilihan Redaksi

  • Sekda Badung Hadiri Gelar Pasukan Polres Badung Jelang Pemilu
  • Percepat Kesembuhan TBC, Penderita Membutuhkan Pengawas Minum Obat
  • Tercatat Sebanyak 1.328 Kasus TBC Ditemukan di Kota Denpasar
  •  
    PPTI juga secara rutin melakukan kegiatan pemberian Paket Makanan Tambahan (PMT) kepada penderita TBC. Seperti yang dilakukan, Jumat (22/3), PPTI memberikan PMT kepada 15 Penderita TBC di Puskesmas Abiansemal 1, Desa Blahkiuh. 
     
    PMT diserahkan oleh Ketua Kehormatan Cabang PPTI Badung Ny. Seniasih Giri Prasta bersama Ketua Wilayah PPTI Provinsi Bali, Gusti Bagus Puspa Negara dan Direktur RSUD Badung Mangusada dr. I Nyoman Gunarta selaku Ketua II PPTI Badung. Kegiatan ini dalam rangka peringatan hari TBC Sedunia tahun 2019.
     
    Ketua II PPTI Badung dr. Gunarta mengatakan, dalam menanggulangi penyakit TBC di Badung, PPTI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan secara rutin telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Selain itu penemuan penderit TBC sekaligus dilakukan pengobatan. Dari data yang ada hingga akhir tahun 2018 ada sebanyak 374 orang dan sudah dinyatakan sembuh 325 orang. Sementara yang masih menjalani pengobatan sampai bulan Pebruari 2019 sebanyak 194 orang tersebar di enam kecamatan di Badung. 
     
    "Untuk sembuh dari TBC, penderita harus melakukan pengobatan lamanya 6-8 bulan, dan tidak boleh putus berobat," jelasnya.
     
    Ny. Seniasih Giri Prasta mengharapkan pendampingan dari petugas PPTI kepada penderita TBC di lapangan harus benar-benar dilakukan pendampingan dengan baik. Petugas pendamping juga dapat berkoordinasi petugas ambulance bilamana diperlukan untuk pengobatan ke puskesmas maupun rumah sakit. 
     
    "Kami harapkan petugas pendamping dan petugas ambulance desa harus sigap dan harus koordinasi," jelasnya.

    Pilihan Redaksi

  • Realisasi Pendapatan Daerah Tabanan Tahun 2018 Capai 1,68 T
  • Sekda Badung Hadiri Gelar Pasukan Polres Badung Jelang Pemilu
  • Bupati Suwirta Ingin Menambahkan Kategori Jegeg Bagus Entrepreneur
  •  
    Diharapkan pula jumlah penderita tidak boleh mengalami penambahan dari 194 tersebut, bila perlu dikurangi dengan pengobatan dan penyembuhan. 
    "Inilah peran dari petugas pendamping yang harus betul-betul bekerja, bekerja dan bekerja," terangnya. 
     
    Ketua Wilayah PPTI Provinsi Bali, Gusti Bagus Puspa Negara mengatakan, dalam peringatan hari TBC Sedunia tahun ini mengambil tema "Saatnya Indonesia Bebas TBC mulai dari saya". Untuk itu penderita TBC agar berobat secara teratur untuk kesembuhan. "Presidan minta Indonesia bebas TBC tahun 2030, Badung tidak mesti lama-lama, untuk itu optimalkan petugas PPTI di lapangan," tambahnya. 
     
    Usai menyerahkan bingkisan PMT, Ny. Seniasih Giri Prasta sempat mengunjungi Penderita TBC I Nyoman Kardiana (53) Br. Telugtug, Desa Carangsari. Disana Istri Bupati Badung ini juga memberikan bingkisan PMT. (bbn/humasbadung/rob)
     

    Penulis : Humas Badung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : PPTI Badung TBC


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV