Ekstrak Ethanol Daun Kemangi Berpotensi Sebagai Insektisida "Aedes Aegypti" - Beritabali.com

Akademika

Ekstrak Ethanol Daun Kemangi Berpotensi Sebagai Insektisida "Aedes Aegypti"

Minggu, 31 Maret 2019 | 06:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Ekstrak ethanol daun kemangi berpotensi sebagai insektisida terhadap nyamuk Aedes aegypti. Hal ini karena Ekstrak ethanol daun kemangi mengandung golongan senyawa flavonoid, saponin, tanin dan triterpenoid/steroid.

Pilihan Redaksi

  • Konsep Dana Punia Berpotensi Dimanfaatkan Untuk Menyembunyikan Kegiatan Politik Uang
  • PSI Belajar Merawat Lingkungan Hidup di Kawasan Ekowisata Mangrove
  • Siswa SD di Denpasar Buat Shampoo Bar Ramah Lingkungan
  •  
    Senyawa flavonoid bersifat racun melalui aromanya yang sangat tajam. Pencernaan serangga juga dapat dirusak oleh senyawa saponin. Kemampuan mencerna makanan dapat menurun akibat senyawa tanin yang menurunkan efektivitas enzim pencernaan pada serangga.
     
    Data tersebut terungkap dalam sebuah artikel berjudul “Efektivitas Ekstrak Ethanol Daun Kemangi (Ocimum Sanctum) Sebagai Insektisida Terhadap Nyamuk Aedes Aegypti” yang dipublikasikan dalam E-Jurna

    Pilihan Redaksi

  • Earth Hour 2019, Gubernur Koster Keluarkan Surat Edaran Matikan Lampu Selama 1 Jam
  • Kuda Besi Triumph Targetkan Penjualan Tahun Ini Naik 10%
  • Pansus Raperda Desa Adat Siap Akomodir Aspirasi Bendesa dan Prajuru Adat di Denpasar
  • l Medika, volume 7 nomor 12 tahun 2018. Artikel ditulis oleh Ni Putu Ayu Elistya Ning Purwani  dan I Kadek Swastika dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
     
    Ni Putu Ayu Elistya Ning Purwani  dan I Kadek Swastika menuliskan flavonoid merusak tubuh nyamuk melalui organ respirasi serangga yang dikenal dengan spirakel. Spirakel yang rusak mengakibatkan serangga tidak bisa bernafas dan akhirnya mati. 
     
     
    Semakin lama terpapar bahan aktif dari insektisida akan menyebabkan semakin banyak akumulasi bahan tersebut di dalam tubuh nyamuk, hal ini yang menyebabkan kematian nyamuk.
     
    Saponin merusak struktur dan permeabilitas sel membran serangga, sehingga menyebabkan komponen di dalam sel bocor, keluar dan akhirnya menyebabkan kematian serangga. 
     
    Kematian nyamuk Aedes agypti juga disebabkan oleh eugenol yang bersifat neurotoksik serta mempengaruhi sistem saraf serangga.[bbn/ E-Jurnal Medika/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Ekstrak Ethanol Daun Kemangi Pestisida


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV