Plasma Nutfah Sapi Bali, Sumber Daya Genetik Kebanggaan Bali - Beritabali.com

Informasi

Plasma Nutfah Sapi Bali, Sumber Daya Genetik Kebanggaan Bali

Rabu, 03 April 2019 | 21:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Beritabali.com, Tabanan. Plasma nutfah sapi Bali merupakan sumber daya genetik kebanggaan Bali yang harus tetap dijaga. Dalam upaya pelestarian plasma nutfah sapi Bali telah dilakukan melalui proses produksi dan pendistribusian semen (sperma) beku dari sapi Bali.

Pilihan Redaksi

  • 129 Jenazah Masih Dititip di RS Mangusada Badung
  • Bawa 2 Kilo Hasis ke Bali, WN Jerman Terancam Hukuman Mati
  • Jadi Caleg, Mantan Ketua KPU Tabanan Jual Mobil
  • Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat meninjau Unit Ppelaksana Teknis (UPT) Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIBD) Provinsi Bali di Baturiti, Tabanan, Rabu (3/4).
    Menurut Dewa Indra, Sapi Bali memiliki banyak keunggulan karena memiliki penampilan, produksi dan reproduksi yang sangat baik. Sehingga UPT BIBD memegang peranan yang sangat penting dalam pelestarian sapi Bali sekaligus pelestarian keragaman hayati yang dimiliki Bali.
    "Untuk itu pastikan ketersedian semen beku  selalu ada dan berkesinambungan, sehingga sapi Bali terus menjadi sapi yang unggul dan keberadaannya tetap  lestari," tegas Dewa Indra

    Pilihan Redaksi

  • UHA Pastikan Karyawan Dapat Toleransi Waktu Untuk Memilih Pada 17 April
  • Melukat Berkembang Menjadi Gaya Hidup Kaum Metropolis
  • Desa Adat di Bali Kini Resmi Miliki Payung Hukum
  • Warga Asing Berulang Kali Nekat Mendaki Gunung Agung, Perlukah Diberikan Sanksi?
  • .
    Dewa Indra berharap agar kedepannya UPT BIBD dapat terus meningkatkan kerjasama dan sinergitas berbagai pihak. Terutama dalam kerangka kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak, dengan demikian layanan penyediaan bibit unggul kepada masyarakat akan tetap optimal. 
    Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali I Wayan Mardiana menyampaikan bahwa UPT BIBD memiliki tugas pokok dan fungsi untuk memproduksi dan mendistribusikan semen beku. Semen itu sendiri adalah mani yang berasal dari pejantan unggul yang digunakan untuk inseminasi buatan.
    Semen beku tersebut kemudian disimpan dalam kontainer kriogenik yang berisi nitrogen cair pada suhu - 196 derajat Celcius. Semen beku  sapi  yang mengandung bibit unggul inilah yang nantinya disebarkan ke tengah  masyarakat. [bbn/humaspemprov/mul]

    Penulis : Humas Provinsi Bali

    Editor : I Nengah Muliarta


    TAGS : Plasma Nutfah Sapi Bali Sumber Daya Genetik Kebanggaan Bali


    Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

    Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV