Besok, Sebuah Asteroid Akan Mendekati Bumi, Berbahayakah? - Beritabali.com

News

Besok, Sebuah Asteroid Akan Mendekati Bumi, Berbahayakah?

Kamis, 07 Mei 2020 | 14:55 WITA

bbn/iStockphoto

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DUNIA.
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasonal (Lapan), dalam laman resminya lapan.go.id pada Kamis (7/5/2020) menyatakan sebuah asteroid yang dijuluki Asteroid 2016 HP6 akan mendekati Bumi. Fenomena ini dapat disaksikan pada pukul 04.48 WIB pada hari Jumat 8 Mei 2020. Asteroid 2016 HP6 ini berjarak 4,33 jb (jarak bulan) atau sekitar 1.660.000 kilometer.

Pilihan Redaksi

  • Hari Ini Asteroid Raksasa Dekati Bumi, Bagaimana Cara Melihatnya?
  • Sebuah Asteroid Akan Melesat Dekat dengan Bumi Malam Ini
  •  
    Asteroid tersebut dikategorikan sebagai asteroid Apollo yaitu jenis asteroid yang memiliki sumbu setengah lebih besar dibandingkan dengan orbit Bumi. Asteroid ini diperkirakan akan berukuran antara 23 hingga 52 meter dengan magnitudo absolut sebesar +25,3 jika diamati pada jarak 1 SA dari matahari dan pengamat. 
     
    Beberapa asteroid Apollo bisa menjadi ancaman bagi penduduk Bumi apabila berada pada jarak yang sangat dekat seperti Meteor Chelyabinsk. Pada 15 Februari 2013, Meteor Chelyanbinsk yang berukuran 17 meter tersebut memasuki atmostfer bumi dan meledak di langit kota Chelyanbinsk, Rusia.
     
    Tapi tidak perlu khawatir, menurut Lapan, Asteroid 2016 HP6 memiliki jarak perpotongan orbit minimum sebesar 805 ribu kilometer terhadap orbit Bumi, sehingga dapat dikatakan objek ini tidak dapat dikategorikan sebagai objek berpotensi bahaya.  

    Penulis : Media Network

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Asteroid Bumi


    Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

    Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV