Ikan di Danau Batur dan Beratan Berpotensi Sebagai Ikan Hias - Beritabali.com

Akademika

Ikan di Danau Batur dan Beratan Berpotensi Sebagai Ikan Hias

Minggu, 05 Mei 2019 | 06:35 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com. Denpasar. Tercatat sekitar 47,06% jenis ikan yang tertangkap di Danau Batur dan 50% di Danau Beratan dapat diklasifikasikan sebagai ikan berpotensi sebagai ikan hias, selebihnya cenderung sebagai ikan konsumsi atau tidak dimanfaatkan. 

Pilihan Redaksi

  • Sapi Taro, Sapi Bali Yang Melahirkan Tepat Saat ''Rerainan''
  • Hakim Vonis Terdakwa Korupsi Dana Hibah Bibit Sapi di Badung 2,4 Tahun Penjara
  • Akibat Gejala Birahi Jelas, Sapi Bali Disebut Memiliki Fertilitas Terbaik di Dunia
  •  
    Jenis ikan hias di Danau Batur dan Beratan antara lain dari genus Amphilophus spp., Amatitlania nigrofasciata, Osteochilus vittatus, Poecilia reticulata, Puntius binotatus, Rasbora lateristriata, Rasbora argyrotaenia, Rasbora sp., dan Xiphophorus hellerii. 
     
    Data tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang disajikan dalam sebuah artikel ilmiah berjudul “Keberadaan Ikan Hias Eksotik di Danau Batur dan Beratan, Bali” yang merupakan bagian dari prosiding simposium nasional ikan hias tahun 2015. Artikel tersebut ditulis oleh Agus Arifin Sentosa, Arip Rahman, dan Danu Wijaya dari Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumber Daya Ikan, Jatiluhur.
     
     
    Agus Arifin Sentosa dan kawan-kawan menuliskan keberadaan ikan-ikan hias eksotik di Danau Batur tidak banyak dimanfaatkan oleh penduduk setempat. Sebagai contoh keberadaan ikan louhan dari genera Amphilophus spp. di Danau Batur diduga kuat berasal dari ikan louhan yang sengaja dilepaskan karena berkurangnya minat untuk memeliharanya dan tidak sengaja terlepas bersama benih ikan nila

    Pilihan Redaksi

  • Pacu Even Fashion di Bali untuk Bangkitkan Industri Garmen yang Booming di Era 80an
  • Satu Korban Tenggelam di Pantai Petangahan Akhirnya Ditemukan
  • BASAbali Wiki Luncurkan Buku dan Karakter "Superhero" Prawireng Putri Bali
  • (Oreochromis niloticus) yang masih kerabatnya dari famili Cichlidae mengingat saat berukuran benih bentuk ikan louhan sepintas relatif mirip dengan nila.
     
    Kondisi yang berbeda terkait dampak keberadaan ikan hias terjadi di Danau Beratan dimana ikan zebra cichlid (Amatitlania nigrofasciata) telah mendominasi perairan danau tersebut. Berdasarkan karakteristik biologinya, ikan zebra tersebut memiliki potensi invasif yang tinggi. Sama seperti ikan hias eksotik lainnya, keberadaan ikan zebra di Danau Beratan tidak diketahui secara pasti, namun diduga ikan tersebut berasal dari introduksi tidak sengaja yang terlepas ke perairan Danau Beratan.
     
    Beberapa jenis ikan hias eksotik di kedua danau tersebut yang berukuran kecil masih ada yang ditangkap dan dimanfaatkan sebagai ikan hias akuarium seperti Poecilia reticulata, Xiphophorus hellerii, dan Puntius binotatus. Ikan hias dari genus Rasbora juga kadang menjadi ikan hias akuarium karena beberapa spesies telah berhasil didomestikasi dan dibudidayakan.[bbn/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Jatiluhur Ikan Zebra Louhan Danau Batur Danau Beratan


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV