Replika Barong dan Celuluk dengan Aura Mistisnya di Stan Pameran Pendidikan Selat - Beritabali.com

News

Replika Barong dan Celuluk dengan Aura Mistisnya di Stan Pameran Pendidikan Selat

Minggu, 05 Mei 2019 | 08:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
  Terdapat cerita mistis di balik proses pembuatan miniatur Barong dan Celuluk yang dipamerkan pada salah satu stan pameran milik Kecamatan Selat dalam pameran pendidikan memperingati hari pendidikan nasional di aula Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem.

Pilihan Redaksi

  • Pelayanan Peserta JKN-KIS di RSUD Karangasem Dihentikan
  • Satpol PP Karangasem Ciduk 16 Duktang Tanpa Identitas
  • Hari Kartini, Putri Koster Sambangi Lansia di Karangasem
  •  
    Dari penuturan I Gede Berata, salah seorang guru dari SD 1 Duda Utara, Selat, Karangasem yang ditemui Beritabali.com, saat menjaga stan pameran, disebutkan saat proses pembuatan miniatur barong yang terbuat dari daur ulang barang bekas tersebut merasakan sesuatu yang aneh.
     
    Saat itu, dirinya bersama salah seorang rekannya bernama I Wayan Widnyana yang merancang Barong daur ulang tersebut tengah bekerja utuk menyelesaikan pembuatan bagian barong hingga malam hari. Entah mengapa, begitu masuk ke tahapan akhir tapel (bagian wajah) Barong tiba-tiba merasakan keaneh

    Pilihan Redaksi

  • Ikan di Danau Batur dan Beratan Berpotensi Sebagai Ikan Hias
  • Pacu Even Fashion di Bali untuk Bangkitkan Industri Garmen yang Booming di Era 80an
  • Satu Korban Tenggelam di Pantai Petangahan Akhirnya Ditemukan
  • an, bulu kuduknya seketika merinding. Kondisi ini pun juga dialami oleh rekannya.
     
    “Saat itu kami bekerja hingga larut malam, begitu proses finishing tapelnya dan sudah berwarna kami langsung merinding bulu kuduk merinding,” kata Gede Berata.
     
    Miniatur barong sendiri terbuat dari daur ulang barang–barang bekas seperti menggunakan botol minuman mineral untuk bagian tubuhnya, karung goni yang dirobek robek untuk bagian rambutnya dan serbuk kayu untuk hiasan mozaiknya.
     
    Selain itu, pada bagian tempat diletakkannya miniatur Barong tersebut juga cukup unik dimana terbuat dari susunan Koran bekas yang disusun sedemikian rupa. Tak hanya replika barong dan celuluk, stan pameran juga memamerkan berbagai kerajinan tangan siswa seperti miniatur rumah, simbol Acyntia yang terbuat dari serbuk batu hitam karangasem dan lukisan siswa yang sudah memenangkan beberapa perlombaan. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Barong Beritabali.com Hari Pendidikan Nasional Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Karangasem


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV