News

Letusan Tak Sampai 4 Km, Warga Lereng Gunung Agung Diminta Tetap Siaga.

Rabu, 29 Mei 2019 | 18:10 WITA
Letusan Tak Sampai 4 Km, Warga Lereng Gunung Agung Diminta Tetap Siaga.

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com, Denpasar. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali Made Rentin mengatakan kendati dampak letusan Gunung Agung selama ini tidak lebih dari 4 Km, tetapi masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Agung diminta tetap siaga. Masyarakat juga diminta tetap mengenali tanda-tanda bahaya.
"Jika erupsi terjadi masyarakat mengenali tanda-tanda awal, misalnya suhu sangat panas. Juga terdengar suara gemuruh serta beberapa kali getaran" kata Rentin ketika dikonfirmasi pada Rabu (29/5) di Denpasar.
Rentin mengungkapkan jika sudah erupsi dan abu vulkanik tersebar luas, maka masyarakat harus siap dengan masker. Lalu mengetahui jalur atau lintasan aliran lava pijar maupun lava dingin karena hujan lebat. "Jika sudah tahu itu jalur bahaya, maka hindari atau menjauh disaat ada aliran" jelas Rentin.
Menurut Rentin, berdasarkan penjelasan  Penanggungjawab Gunung Api Bali dan Nusa Tenggara Barat, Oktory Prambada menyebutkan bahwa kendati Gunung Agung mengalami erupsi lebih sering, masyarakat diminta tetap tenang. Mengingat letusan tidak akan melebihi zona bahaya 4 kilometer dari puncak gunung.
Dimana Oktory Prambada memberikan alasan bahwa pipa magma gunung sudah terbuka, sehingga   energi yang tersimpan tidak besar, jadi letusan tidak mungkin melebihi zona bahaya. Magma yang semula di kantong bermigrasi ke permukaan kawah.
Kondisi ini membuat tubuh gunung mengalami deflasi atau pengempesan. Tak hanya itu, kondisi magma yang sudah di permukaan akan membuat, Gunung Agung lebih rutin erupsi. Diprediksi dalam 5 sampai 6 hari pasti akan erupsi.[bbn/Mul]

Penulis : I Nengah Muliarta

Editor : I Nengah Muliarta


TAGS : Letusan Gunung Agung


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV