Perayaan Siwaratri di Jembrana, Bupati Artha: Momentum Introspeksi Diri - Beritabali.com

News

Perayaan Siwaratri di Jembrana, Bupati Artha: Momentum Introspeksi Diri

Jumat, 24 Januari 2020 | 17:45 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Perayaan Siwaratri dipusatkan di Pura Jagatnatha Jembrana, dirangkaikan dengan persembahyangan tiga tahap, masing-masing dilaksanakan pada pukul 20.00 WITA, pukul 24.00 WITA, dan terakhir memasuki Jumat (24/1) pukul 05.00 WITA. 

Pilihan Redaksi

  • Rai Mantra: Dosa Tidak Bisa Ditebus, Akui Dosa dan Merenunginya untuk Diampuni
  • Mobil Hangus Terbakar di Malam Siwalatri
  • Bupati Artha Jenguk Warga Pengidap Kelainan Tempurung Kepala
  • Dalam tahap kedua persembahayangan tepat memasuki pukul 00.00 WITA itu, juga diisi dengan menyandungkan japa mantra 108 kali. Dalam setiap tahapan persembahyangan itu, juga dipanjatkan sembah sembilan kali kepada Hyang Siwa.
    Hadir dalam persembahyang yang pertama Bupati Jembrana I Putu Artha, Setda Jembrana I Made Sudiada, PHDI Jembrana, Asisten Setda, Kepala Kementrian Agaman Jembrana, Camat se-Jembrana, Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Jembrana, Peradah Jembrana. Selain diikuti sejumlah pejabat, juga nampak ratusan anak muda memadati pelataran pura untuk ikut melaksanakan persembahyangan bersama, Kamis (23/1).
    Ketua Panitia perayaan Siwaratri I Putu Agus Setiawan menyampaikan tema perayaan Siwaratri tahun ini mengambil tema Refleksi Brata Siwaratri Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia Hindu sejati dan mengingatkan kembali makna dari brata Siwaratri. 
    “Makna hari Siwaratri sesungguhnya bukanlah melebur dosa melainkan malam perenungan dosa, dengan tujuan tercapainya kesadaran diri. Sebagai malam perenungan, kita mestinya melakukan refleksi atau introspeksi diri atas perbuatan-perbuatan kita selama ini. Sehingga kedepan kita diberikan tuntunan agar dapat keluar dari perbuatan dosa,” ucap Agus Setiawan.
    “Pada perayaan Siwaratri ini, selain persembayangan bersama dilaksanakan pula lomba darma wacana tingkat SMA/SMK yang diikuti oleh 7 peserta dan bedah sastra yang diselenggarakan di panggu arda candra pura Jagatnatha Jembrana disela-sela menunggu setiap tahapan persembahyangan," terangnya.      Bupati Artha dalam dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat, serta generasi muda Hindu yang hadir pada persembahyangan kali ini untuk bersama-sama menyucikan malam Siwaratri ini dengan pikiran, perkataan, serta perbuatan yang baik. 
    “Memaknai malam Siwaratri ini sebagai malam untuk merenungi atau introspeksi diri atas setiap perbuatan yang kita lakukan selama ini, sehingga pada malam yang suci ini dikita diberikan tuntunan oleh Ida Sang Hyang Widhi agar dapat keluar dari perbuatan dosa," tegasnya.   

    Penulis : Kontributor Jembrana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Bupati Artha Jembrana Siwaratri


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV