Wayang Cengblonk Tema Edukasi Kebencanaan bagi Siswa di Wilayah KRB - Beritabali.com

News

Wayang Cengblonk Tema Edukasi Kebencanaan bagi Siswa di Wilayah KRB

Minggu, 23 Juni 2019 | 11:46 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan edukasi tentang potensi ancaman kebencanaan bagi ratusan anak-anak yang tinggal di kawasan lingkar Gunung Agung pada Sabtu (22/06/2019).

Pilihan Redaksi

  • Rentetan Gempa Tektonik Tandai Suplai Magma Baru Gunung Agung
  • Gelombang Tinggi, BPBD Himbau Nelayan Sementara Tidak Melaut di Perairan Karangasem
  • BPBD Bali Susun Rencana Evakuasi Berbasis Banjar di 28 Desa Lingkar Gunung Agung
  •  
    Pengetahuan potensi ancaman bencana ini disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi budaya sadar bencana di SD Negeri 1 Selat, Karangasem. Acara selain pemateri bahasan juga dimeriahkan Wayang Cengblonk untuk mengedukasi 195 orang siswa SDN 1 Selat yang ikut dalam kegiatan tersebut. Acara sosialisasi ini dibuka oleh Rita Rosita selaku bagian Humas BNPB pusat didampingi perwakilan Kalaksa BPBD Provinsi bersama Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa dan sejumlah relawan Pasebaya.
     
    "Tujuan kita untuk memberikan pengetahuan tentang potensi bencana yang ada di karangasem, agar anak anak sadar akan adanya potensi bencana, sehingga siap siaga untuk menghadapi kemungkinan terjadi bencana," kata Rosita membuka kegiatan tersebut.
     
    Budaya sadar bencana merupakan suatu pola hidup yang menyeluruh yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, merasa tahu dan ingat peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan yang disebabkan oleh faktor alam dan non alam sehingga menyebabkan korban jiwa dan kerusakan lingkungan 
     
    Wilayah Kabupaten Karangasem sendiri memiliki sejumlah potensi ancaman

    Pilihan Redaksi

  • Seni Instalasi "Kebus" Gugah Kesadaran Fenomena yang Terjadi di Masyarakat
  • Coco Group Gandeng Doku untuk Sistem Pembayaran Elektronik
  • Menjadi Guru Kekinian di Era 4.0
  • bencana seperti, Gunung meletus yang tengah terjadi saat ini, Gempa bumi, Kekeringan, Banjir bandang, Tanah longsor, pemanasan global, Tsunami, Kebakaran hutan liar, Puting beliung dan Bencana alam badai atau gelombang pasang.
     
    Sementara itu, salah seorang siswa, Kadek Dwi Wedari Satya Devi mengaku sangat senang bisa diberikan pengetahuan potensi bencana terutama yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. 
     
    Dwi Wedari berasal dari Dusun Bambang Biaung, Desa Duda, Selat, Karangasem yang merupakan wilayah KRB 1 berjalar sekitar 12 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung dan beberapa waktu lalu sempat mengungsi ketika status awas Gunung Agung.
     
    Usai membuka dengan memberikan sosialisasi kepada siswa di SDN 1 Selat, kegiatan dilanjutkan dengan simulai kebencanaan yang akan dipusatkan di Lapangan Umum Selat. Kemudian pada malam hari akan diselenggarakan juga pegelaran Wayang Cengblonk yang tentunya dengan tema edukasi kebencanaan. (bbn/igs/rob)

    Penulis : Tim Liputan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Edukasi Kebencanaan BNPB Siswa KRB Wayang Cengblonk


    DELIVERYBALI

    BALI GROCERY DELIVERY

    Same day delivery for your daily needs every day from before 3 pm

    For Purchase contact on Whatsapp +6281 3201 45567

    Tokopedia & Shopee : BALI GROCERY

     

     



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV