Unud Tuan Rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32 - Beritabali.com

Akademika

Berharap Tuah PIMNAS Bagi Peningkatan Suasana Akademis Kampus

Unud Tuan Rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32

Minggu, 23 Juni 2019 | 11:53 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
 

Pilihan Redaksi

  • Ombudsman Pertanyakan Komitmen Unud untuk Wujudkan PMB yang Bersih
  • Universitas Mataram Gandeng FK Unud untuk Jalur Spesialis
  • PKB Dinilai Monoton, Akademisi Unud: Harus Ada Karya yang Mendunia
  •  
    Perjuangan Universitas Udayana (Unud) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) mencapai hasil maksimal. Setelah memenangi persaingan dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia Unud ditunjuk sebagai penyelenggara PIMNAS ke 32 oleh Kemenristekdikti.
     
    Kegiatan yang akan berlangsung pada akhir Agustus 2019 diharapkan memberi manfaat pada peningkatan suasana akademis kampus utamanya gairah penelitian dan pengembangan sikap kewirausahaan mahasiswa secara kualitas dan kuantitas meningkat.
    Demikian penjelasan Ketua Panitia PIMNAS32 Prof. Dr. Ir. Made Sudarma, MS yang dihubungi Minggu (23/6). Ditambahkan, perbaikan suasana akademis dapat tercapai  melalui realisasi berbagai kegiatan sebagai pengejawantahan PIMNAS tema mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan ketakwaan dan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan. 
     
    PIMNAS ini selain berkompetisi untuk untuk menggali potensi akademis yang unggul, juga menekankan pengembanggan kepribadian mahasiswa dan sikap tenggang rasa atau menghargai perbedaan dalam berbagai aspek kehidupan,” tegas Guru Besar FP Unud itu.
     
    Selaku penanggungjawab bidang kemahasiswaan Unud, Prof. Made Sudarma menyatakan mahasiswa Unud sudah berpartisipasi aktif baik olah raga, seni maupun aktivitas social lainnya. Bidang akademis, lanjutnya, partisipasi mahasiswa masih perlu ditingkatkan. “Persentase keterlibatan mahasiswa relatif kecil dibandingkan jumlah seluruh mahasiswa Unud. Semoga dengan penyelenggaraan PIMNAS 32 ini mahasiswa semakin menyadari dan tertantang terlibat di kegiatan ilmiah,” tuturnya. 
     
    Unud, lanjut Prof. Made Sudarma, secara berkala melaksanakan kegiatan mendorong kompentensi mahasiswa dalam pengembangan penalaran ilmiah mahasiswa melalui perkuliahan, pelatihan dan pendampingan.  Diakuinya, upaya-upaya tersebut belum mampu membuka cakrawala berpikir yang lebih luas terkait PIMNAS bagi mahasiswa, dan penyelengarakan PIMNAS diyakini mampu mendorong kesiapan mahasiswa berkompetisi pada bidang ilmiah.
     
    Sementara itu Wakil Ketua Panitia PIMNAS 32 Dr. Ir. Wayan Sardiana, M.Si menambahkan peserta pimnas akan melibatkan sekitar 1.700 mahasiswa dari 150 perguruan tinggi se-Indonesia. “Ada 460 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari seluruh Indonesia berkompetisi, dimana 31 diantaranya diajukan mahasiswa Unud. Mudah-mudahan seluruh proposal mahasiswa Unud lolos pada pengumuman 25 Juli mendatang,” paparnya. 
     
    Ketua Udayana Student Creative Center itu menjelaskan PIMNAS 32 terdiri dari dua agenda utama yakni presentasi PKM bidang, dan pameran poster maupun produk PKM. Bidang-bidang PKM yang dikompetisikan antara lain: Penelitian

    Pilihan Redaksi

  • Wayang Cengblonk Tema Edukasi Kebencanaan bagi Siswa di Wilayah KRB
  • Seni Instalasi "Kebus" Gugah Kesadaran Fenomena yang Terjadi di Masyarakat
  • Coco Group Gandeng Doku untuk Sistem Pembayaran Elektronik
  • (eksakta & sosial humaniora), pengabdian masy, penerapan teknologi, karsa cipta, kewirausahaan, gagasan tertulis dan gagasan futuristik dlm bentuk video pendek. 
     
    Ditambahkan, sejumlah kegiatan penunjang yang diselenggarakan pada PIMNAS 32 seperti stadium general, sarasehan pimpinan perguruan tinggi, gelar teknologi dan kompetisi non-PIMNAS, serta pagelaran seni dan keakraban.
     
    Dr. Sardiana menjelaskan selama PIMNAS akan diadakan lomba-lomba “on the spot” seperti lomba photo, essay, yang melibatkan seluruh kontingen. Partisipasi mahasiswa untuk merasakan suasana kompetisi ilmiah pada PIMNAS 32, tegas Dr. Sardiana, sangat terbuka. Kompetisi dapat menopang peningkatan rasa percaya diri mahasiswa, sehingga kreativitasnya dalam berinovasi dalam berbagai bidang. (bbn/rls/rob)

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : PIMNAS Unud Tuan Rumah


    Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

    Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV