Literasi Keuangan Rendah, Praktek Rentenir Masih Terjadi di Lombok - Beritabali.com

Ekbis

Literasi Keuangan Rendah, Praktek Rentenir Masih Terjadi di Lombok

Selasa, 02 Juli 2019 | 10:51 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, .
Kepala OJK Provinsi NTB Farid Falatehan mengakui praktek rentenir masih terjadi di beberapa daerah di Lombok karena pemahaman literasi keuangan di tengah-tengah masyarakat masih rendah.

Pilihan Redaksi

  • OJK Berharap Perlindungan Data Pribadi Dapat Diatur di Undang-Undang
  • OJK Cabut Ijin BPR Legian, LPS: Pembayaran Dana Nasabah Dilakukan Bertahap
  • OJK Cabut Izin Usaha BPR Legian
  •  
    "Ya, masih ada sampai saat ini disini (Lombok) terutama pada warga di kawasan-kawasan pinggiran yang jauh. Atau kurang aksesnya dengan lembaga keuangan," ungkapnya belum lama ini.
     
    Menurutnya, praktek rentenir merupakan fenomena yang terjadi di banyak daerah di Indonesia sampai saat ini bukan saja di Lombok saja. Di daerah lain, kata dia, juga ada dengan istilah berbeda-beda mungkin.
     
    "Ada istilahnya, mulai dati bank subuh karena pelaku melakukan praktik penarikan pada pagi hari waktu  subuh. Atau bank ucek-ucek, karena dilakukan juga pada pagi hari ketika orang&nbs

    Pilihan Redaksi

  • Sistem Zonasi PPDB Jangan Sampai "Hancurkan" Semangat Belajar Anak
  • Mayat Dalam Kardus Diduga Disuntik Formalin
  • 3 Pelaku Tersinggung Dilarang Masuk Saat Bawa Anak Berenang di Sekolah
  • p; baru bangun yang ditandai dengan mengusap-usap wajah maupun mata," ujarnya.
     
    Meski demikian, OJK akan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap rentenir. OJK mendorong mendekatkan lembaga-lembaga keuangan ke wilayah-wilayah atau pedesaan yang belum tersentuh dan terakses lembaga keuangan. 
     
     
    "Karena belum pernah terakses lembaga keuangan tersebut maka kami (OJK) mendorong dan berusaha meningkatkan literasi keuangan, untuk memotong praktik rentenir atau koperasi abal-abal. Dengan demikian, praktik rentenir setidaknya bisa ditekan," ucapnya.
     
    Sejak ada alternatif pembiayaan dari lembaga keuangan melakukan penetrasi ke wilayah-wilayah pedalaman tersebut, akhirnya secara berangsur-angsur praktik rentenir mulai dilepaskan warga. Falatehan menambahkan, respon tersebut kami rasakan ketika melakukan sosialisasi ke pedesaan mengajak lembaga keuangan. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Praktek Rentenir OJK Lombok Literasi Keuangan


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV