Provinsi Papua Barat Belajar Pengembangan Pariwisata di Unud - Beritabali.com

Akademika

Provinsi Papua Barat Belajar Pengembangan Pariwisata di Unud

Kamis, 04 Juli 2019 | 17:05 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana (Unud) yang dilakukan pada Kamis (4/7) di Denpasar.

Pilihan Redaksi

  • Unud Tuan Rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32
  • Ombudsman Pertanyakan Komitmen Unud untuk Wujudkan PMB yang Bersih
  • Universitas Mataram Gandeng FK Unud untuk Jalur Spesialis
  •  
    Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah Papua Barat. "Kami di Papua Barat khususnya Dinas Pariwisata dapat melihat pengembangan potensi-potensi atau daya tarik agar dapat dikembangkan kedepan. Selain itu tentu kami akan ambil, tiru dan modifikasi yang baik dilanjutkan, sedangkan yang negatif  dihilangkan. Sehingga dapat mengembangkan pariwisata berkelanjutan," jelas Kasubag Perencanaan dan Program Pariwisata Provinsi Papua Barat, Irman Murafel, di sela-sela waktu pelaksanaan kegiatan tersebut.
     
    Menurut dirinya, tidak menutup kemungkinan akan melakukan kerjasama dengan pihak Pusat perhimpunan Pariwisata di Kota Denpasar dalam bentuk penelitian maupun pengembangan pariwisata.
     
    "Itu yang menjadi fokus kami dalam kaitan dengan kegiatan yang kami lakukan saat ini," ujarnya.
     
    Dilanjutkan, Ia menyebut keunggulan Papua Barat mulai dari alam dan bahari. Tetapi, kata dia, sampai saat ini terkait pengelolaan belum dilakukan secara profesional. 
     
    Ia menyebut pencapaian target diberikan Bapak meteri Pariwisata RI sangat jauh yaitu, 20 juta wisatawan. Target tersebut masih sulit dicapai, melihat daya dukung lingkungan juga.
     
    "Kami tidak mau merusak ekologi khususnya di derah kami saat ini. Karena sangat berbeda sekali daerah kami dengan daerah-daerah lainnya," ucap Murafel.
     
    Sementara, Ketua Pusat Unggulan Unud, Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha mengatakan, sangat senan

    Pilihan Redaksi

  • Hakim Tolak Eksepsi, Eks Ketua Kadin Bali: Nanti Saya Bongkar Semua
  • Bungbang, Instrumen Musik Bambu Pemersatu Krama
  • Bamboomedia Tawarkan Percepatan Aplikasi Smartcity ke Kabupaten Kota di Bali
  • g Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provisni Papua Barat memberi kepercayaan terhadap pusat unggulan pariwisata Udayana dalam pemberian Bimtek.
     
    "Para peserta berharap dapat belajar banyak dari Bali yang tidak baik dihindari,  terpenting nantinya bisa menjaga daerah-daerah yang masih alami. Agar bisa dipertahankan sebagai daya tarik khusus nantinya," ucapnya.
     
    Disampaikan, adapun langkah awal yang dilakukan adalah seperti mengidentifikasi terlebih dahulu potensi-potensi yang dimiliki daerah tersebut. Selanjutnya akan dibuat program pengembangan mengacu pada konsep ekowisata. Setidaknya dapat sedikit mungkin melakukan modifikasi terhadap alam. "Dengan demikian wisatawan berkunjung ke daerah tersebut benar-benar wisatawan yang memiliki uang.
     
    "Ekowisata tersebut selain menjaga alam juga wisatawannya yang bersedia membayar lebih mahal," tutupnya.  (bbn/aga/rob) 

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Provinsi Papua Barat Pengembangan Pariwisata Unud


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV