Dana Silpa APBD Karangasem Capai Miliaran, Serapan Anggaran Rendah Dipertanyakan Dewan - Beritabali.com

News

Dana Silpa APBD Karangasem Capai Miliaran, Serapan Anggaran Rendah Dipertanyakan Dewan

Jumat, 05 Juli 2019 | 14:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Rapat Kerja gabungan komisi dengan agenda pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Karangasem tahun 2018 berlangsung alot. 

Pilihan Redaksi

  • Pelantikan Calon Anggota DPRD Karangasem Ditunda KPU
  • Polisi Ringkus Pelaku Pencurian dengan Kekerasan di Sejumlah TKP di Karangasem
  • Truk Ringsek Tabrak Pohon Perindang, 3 Kali Terjadi di Karangasem
  •  
    Pihak eksekutif yang dihadiri oleh asisten ekonomi pembangunan, Anak Agung Rama bersama jajaran dihujani sejumlah pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang cukup meruncing yakni terkait tingginya nominal SILPA di APBD pada tahun 2018. 
     
    Salah satu angka SILPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) yang menjadi sorotan yakni digunakan untuk belanja bantuan sosial (bansos) yang nilainya mencapai Rp.22 miliar yang berasal dari SILPA program bedah rumah Bupati Badung sebesar Rp.20 Miliar lebih dan uang lauk pauk untuk pengungsi sebesar Rp.1,5 miliar lebih.
     
    "Anggaran sebesar itu kenapa sampai tidak direalisasikan, tidak dijalankan atau terkendala apa," tanya Wayan Suastika salah seorang anggota dewan yang hadir dalam rapat tersebut, Kamis (04/2019).
     
    Terkait dengan pertanyaan tersebut, pihak eksekutif yang dijawab

    Pilihan Redaksi

  • Anak Jadi Korban Zonasi, Ipung: Sistem Tertutup, Ada Indikasi Jual Beli Surat Domisili
  • Kerangka Manusia Diduga Perempuan Ditemukan di Pecatu
  • Desa Adat Megati Kelod Gelar Pecaruan Manca Sanak Pasca Penemuan Mayat Dalam Kardus
  • oleh perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Karangasem menjelaskan bahwa SILPA yang dimaksud dari dua kegiatan, dimana untuk Rp 1.5 miliar sedianya dipersiapkan untuk pengungsi Gunung Agung berupa pembelian lauk pauk. 
     
    Sementara sisanya adalah bantuan bedah rumah dari Bupati Badung yang juga tidak bisa terealisasi lantaran SK yang mendapatkan bedah rumah ada ketidaksesuaian.
     
    Sementara itu, anggota dewan lainnya, Nyoman Winata juga menanggapi terkait tingginya angka SILPA, menurutnya dengan tingginya merupakan satu kemunduran bagi Karangasem. Dirinya berharap agar para OPD agar lebih cermat dalam menyusun perencanaan, jangan sampai setelah dianggarkan malah tidak bisa terserap dengan baik.
     
    "Mohon juga agar kedepan eksekutif lebih cermat lagi dalam menyusun perencanaan, sehingga anggaran yang sudah dianggarkan bisa terserap dengan baik," timpal Ketua DPRD Karangasem, I Nengah Sumardi memimpin rapat tersebut. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Silpa Tinggi APBD Karangasem


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV