Sebut Tatanan Kota Denpasar Carut Marut, Popo Danes: Isinya Deretan Toko Semua - Beritabali.com

News

Sebut Tatanan Kota Denpasar Carut Marut, Popo Danes: Isinya Deretan Toko Semua

Sabtu, 06 Juli 2019 | 15:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Mengamati perkembangan tatanan kota di Denpasar, arsitek Popo Danes menyebut secara jujur situasinya seperti carut marut karena tidak ada zonasi kawasan yang jelas yang mana kawasan perumahan, industri, dan niaga.

Pilihan Redaksi

  • Hindari Kebakaran, Wagub Cok Ace Minta Kedepan TPA Temesi Ditata Lebih Baik
  • Mal Pelayanan Publik Denpasar Kini Tersedia Layanan Paspor
  • Proyek Rehabilitasi Waduk Muara Tukad Badung Akan Ditata Jadi Kawasan Wisata
  •  
    "Kalau kita mengerti tatanan kota yang sebenarnya, secara jujur situasi kota Denpasar seperti carut marut, dari Panjer sampai Ubung berderet isinya toko saja," ketusnya, Sabtu (6/7/2019) saat acara Architechture for Kids (AFK)di Popo Danes Art Veranda.    
     
    Jika mengamati kondisi dibangunnya Kota Denpasar hingga sekarang, tampak kesan jika awalnya sebuah kumpulan desa yang dipaksa menjadi kota. Karena, ia beranggapan masyarakatnya juga mesti bertranformasi selain perubahan fisik. "Jika ditranformasi dengan baik akan menjadi cantik karena pembangunan tidak diartikan sekadar fisik tetapi juga mental (mindset) masyarakatnya," jelasnya.
     
    Disamping itu, Popo mengusulkan untuk meninjau kembali aturan batas ketinggian bangunan seiring berjalannya waktu. Ia memahami saat pembuatan aturan ini dilandasi niat baik dimaksudkan untuk melindungi kearifan lokal. Namun saat perjalannya memang perlu dievaluasi karena jika terdapat pembatasan lahan vertikal tentu berakibat mengenggerogoti bangunan horizontal seperti terjadi alih fungsi lahan dan sebagainya. 
     
    Ia juga menyarankan adanya tren bangunan 3 lantai tentu juga mengikuti persyaratan bangunan seperti adanya tangga darurat atau jika seperti gudang harus membuat pintu keluar darurat. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meminimalisir terjadinya korban jiwa jika terjadi musibah.   
     
    Selain itu, menurutnya adanya persyaratan banguanan arsitektur Bali sebagai tampilan budaya lokal saat ini memerlukan interpretasi yang pas mengingat keterbatasan bahan yang semakin habis. Untuk itu, semua pihak perlu didudukan agar terjadi kesepahaman tentang arsitektur khas Bali.
     
    "Seperti batu paras, entah itu paras batik dari Gianyar, paras Kerobokan dan lainnya sudah habis, mau pakai apa sekarang," ujarnya.
     
    Architechture For Kids 
     

    Pilihan Redaksi

  • Aliran Sungai Tukad Badung Diiringi Musik Blues Saat Senja di Taman Kumbasari
  • Endek Tidak Hanya Produk Fashion Formal, Namun Juga Bisa Pakaian Santai
  • Budidaya Porang, Tanaman Liar Bernilai Ekonomi Tinggi
  • Program Architechture For Kids (AFK) merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan Popo Danes pada saat liburan sekolah. Sejak tahun 2002, AFK telah berkembang dari puluhan dan kini ratusan siswa dan orang tuanya antusias dalam kegiatan edukasi tentang kegiatan arsitektur.
     
    Selain mengisi waktu libur, kata Popo, kegiatan dirancang agar liburan anak mempunyai nilai tambah yang bisa jadi bekal setelah kembali sekolah nanti.
     
    "Ada kebanggaan, karena mereka menerima piagam dan memperoleh wawasan baru tentang arsitek," ungkapnya.
     
    Menariknya, Popo melanjutkan, tiap tahun ada saja yang tidak biasa karena terdapat anak yang menurutnya di luar ekspetasi.
     
    "Jika awalnya ditujukan untuk lucu-lucuan, malah ada anak yang beyond imagination karena mereka menggambar denah secara detail, bahkan ada yang sudah tahu penerapan energi solar panel atau kincir angin pada rumahnya nanti," kesannya. (bbn/rob)     

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Popo Danes Arsitek Tatanan Kota Denpasar Carut Marut


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV