BRSUD Tabanan Tunggu Realisasi Bantuan Alat PCR - Beritabali.com

News

BRSUD Tabanan Tunggu Realisasi Bantuan Alat PCR

Jumat, 23 Oktober 2020 | 13:05 WITA
BRSUD Tabanan, swab tes, mesin PCR, realisasi

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD) Tabanan menunggu realisasi janji pengadaan mesin PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk laboratorium pemeriksaan tes swab dari Pemerintah Provinsi Bali.

Pilihan Redaksi

  • Badung Akan Dapat Bantuan Alat PCR dari BNPB
  • Laboratorium PCR Buleleng Segera Rampung
  • Laboratorium PCR RSD Mangusada Diuji Coba 17 Oktober
  • Direktur RSUD Tabanan dr I Nyoman Susila, Kamis (22/10) menyatakan, dalam rapat bersama Gubernur Bali belum lama ini memang ada penyampaian terkait rencana penambahan mesin PCR. 
    “Bapak Gubernur menjanjikan waktu rapat, dan kita sudah kirim surat ditujukan ke Gubernur Bali dan BNPB, semoga jadi dapat bantuan mesin lagi, kita masih menunggu informasi terbaru juga,” katanya Susila.
    Saat ini BRSUD Tabanan sudah memiliki laboratorium PCR, mesinnya juga merupakan bantuan pemerintah Provinsi Bali sebelumnya yang baru mulai beroperasi bulan September 2020. 
    Hanya saja peruntukannya masih sebatas cukup untuk menguji spesimen (swab tes) pasien se-kabupaten Tabanan, baik itu yang menjalani perawatan di rumah sakit pemerintah sampai dengan rumah sakit swasta. Dan rata-rata sehari, setidaknya ada sekitar 60 sampel yang dilakukan pengujian. 
    “Cukup untuk kepentingan pasien se-Tabanan saja, kalau ditambah kontak tracing, jadi memang sedikit lambat hasilnya, karena sekali running 30 sampel, kalau 2 kali dalam sehari bisa 60 sampel,”ucapnya.
    Pihaknya pun berharap, bantuan tambahan mesin PCR bisa segera terwujud untuk nantinya jika diperlukan tracing lebih luas lagi, tentunya memerlukan mesin yang lebih besar. Diakuinya dengan banyaknya mesin PCR, tentu saja hasil pengujian specimen (swab tes) pasien bisa diketahui dengan cepat. 
    Misalnya sampel masuk sebelum jam 09.00 WITA, maka siang atau sore, sudah akan diketahui hasilnya. Sehingga terhadap pasien bersangkutan bisa dilakukan penanganan kesehatan lebih lanjut. Begitupun, jika penambahan mesin PCR benar-benar sudah terealisasi yang otomatis jumlah sampel yang diuji mengalami peningkatan, penambahan staf untuk pengujian kemungkinan juga akan disiapkan.
    “Kita liat nanti bagaimana kondisinya, jika pemeriksaaan banyak, dan staf yang ada kewalahan, tentu akan ditambah,” ujarnya.

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : BRSUD Tabanan Swab Tes Mesin PCR Realisasi


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV