Kementerian Pertanian Tegaskan Kasus Virus Babi Tidak Menyebar di Luar Sumatera Utara - Beritabali.com

News

Kementerian Pertanian Tegaskan Kasus Virus Babi Tidak Menyebar di Luar Sumatera Utara

Sabtu, 04 Januari 2020 | 21:20 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menegaskan terkait isu virus kolera babi dan demam babi Afrika (ASF) yang sempat menjangkiti babi di beberapa Kabupaten di Sumatera Utara belum lama ini skalanya masih sangat kecil dan telah ditangani dengan sangat-sangat baik sampai saat ini. 

Pilihan Redaksi

  • Bali Aman dari Penyebaran Virus Flu Babi Afrika
  • Bali Waspadai Masuknya Wabah Flu Babi Afrika
  • Selain itu, perlu diingat kembali bahwa virus Babi dari Afrika tersebut tidak menyebar ke seluruh Indonesia.
    "Skalanya masih sangat kecil, kita telah tangani dengan sangat-sangat baik. Hal tersebut saya rasa masih biasa, memang virus yang menyerang babi," jelasnya di Denpasar, Sabtu (04/01/2020).
    Ia mengingatkan virus babi dari Afrika tersebut tidak menyebar di seluruh Indonesia dan hanya menyebar di beberapa Kabupaten di Sumatera Utara saja.
    "Hanya 2 dan 3 Kabupaten di Sumatera Utara saja yang terkontaminasi virus tersebut tidak seluruhnya," ujarnya.
    Upaya Kementerian Pertanian bersama Pemerintah Daerah dan para Gubernur di Sumatera Utara adalah melakukan isolasi penuh dan melakukan pemeriksaan ketat untuk tidak dikeluarkan dari Sumatera Utara.
    "Kami yakin dimaksimalkan, tidak ada daging yang di keluar dari sana. Pemusnahan yang dilakukan disana, jadi tidak ada jalan lain. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan virus-virus tersebut," katanya.
    Jika dilihat, kata dia, daging babi tersebut lebih banyak di ekspor daripada dikonsumsi. Saat ini, lanjutnya, bahkan telah dilakukan tiga lapis pemeriksaan di daerah yang terkontaminasi. Dan, perlu diketahui juga, virus babi ini tegasnya, tidak ada kaitannya dengan manusia.  

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kementan Virus Babi Sumut Skala Kecil


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV