Informasi

Efek Samping Covid-19 Dipicu Sugesti, Apa Itu Efek Nocebo?

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:40 WITA
Efek Samping Covid-19 Dipicu Sugesti, Apa Itu Efek Nocebo?

Efek Samping Covid-19 Dipicu Sugesti, Apa Itu Efek Nocebo?

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Studi mengenai efek Covid-19 merujuk pada adanya efek lain yakni efek nocebo. Efek samping vaksin Covid-19 yang dilaporkan terkait nocebo seperti sakit kepala dan kelelahan, setelah dosis pertama vaksin Covid-19.  
Menurut Painscale, efek nocebo melibatkan gejala yang memburuk atau perkembangan efek samping negatif setelah pengobatan plasebo. Efek nocebo juga dapat terjadi setelah perawatan medis asli, namun gejalanya sebenarnya tidak disebabkan oleh pengobatan atau hanya sugesti.  Gejala paling umum yang terkait dengan efek nocebo adalah kantuk, sakit kepala, dan mual. 
Menurut studi terbaru oleh para peneliti di BIDMC, efek nocebo menyumbang 76 persen dari "semua efek samping" yang dilaporkan di antara mereka yang menerima dosis vaksin Covid-19 pertama dan hampir 52 persen dari efek samping tersebut dilaporkan setelah dosis kedua. 
Studi yang diterbitkan pada 18 Januari 2022 di Journal of the American Medical Association (JAMA), menganalisis data dari 12 uji klinis vaksin COVID-19, yang mengumpulkan laporan tentang efek samping yang merugikan dari 22.578 penerima plasebo dan 22.802 penerima vaksin.  
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 35 persen penerima plasebo melaporkan "efek samping sistemik", yang merupakan gejala yang mempengaruhi seluruh tubuh, seperti demam, setelah suntikan pertama. Sakit kepala dan kelelahan adalah efek samping sistemik yang paling umum dilaporkan oleh penerima plasebo setelah injeksi pertama, masing-masing sebesar 19,6 persen dan 16,7 persen, menurut penelitian. 
Kejadian sistemik yang dilaporkan di antara kelompok plasebo turun menjadi 32 persen setelah injeksi kedua, kata laporan BIDMC.
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritabali.TV - Berita Video Terkini dari Bali

Website Berita Video Terkini dari Bali yang Membahas seputaran Kuliner, Travel, Bisnis dan Semeton.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV