Gandeng FIDAF, Perkenalkan Tim Tari Buleleng ke Kancah Internasional - Beritabali.com

Informasi

Gandeng FIDAF, Perkenalkan Tim Tari Buleleng ke Kancah Internasional

Selasa, 31 Desember 2019 | 13:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Berbagai upaya dilakukan untuk lebih memperkenalkan Kabupaten Buleleng ke kancah dunia. Terbaru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Kebudayaan menggandeng Federation of International Dance Festivals (FIDAF) untuk membawa tim tari Buleleng ke kancah international serta membawa ajang Festival Tari Dunia ke Buleleng.

Pilihan Redaksi

  • Pemkab Buleleng Siapkan Penanganan Atasi Genangan Limbah di Lovina
  • Bule Kanada Ditemukan Tewas di Dasar Kolam Villa
  • Bupati Buleleng Berharap Prajuru Desa Pahami Perda Desa Adat
  • Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Buleleng, Drs. Gede Komang, M.Si, Direktur FIDAF, Wahyudi Sumantoro dan diketahui oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG saat Pagelaran Seni Akhir Tahun 2019 di Gedung Sasana Budaya, Singaraja, Senin (30/12).
    Direktur FIDAF, Wahyudi Sumantoro saat ditemui usai kegiatan menjelaskan FIDAF merupakan satu federasi baru yang didirikan di Korea Selatan dan markasnya disana. Saat ini, FIDAF sudah beranggotakan lebih dari 80 negara. Setiap tahunnya, di daerah Cheonan, Korea Selatan akan diadakan festival tari yang salah satu penyelenggaranya adalah FIDAF. 
    “Rencananya, 2020 saya akan bawa grup dari Buleleng untuk mengikuti festival di sana,” jelasnya.
    Selain pemberangkatan grup tari dari Buleleng, kerjasama yang dijalin adalah bagaimana membawa festival tari internasional ke Kabupaten Buleleng. Bagaimana pemerintah daerah bisa menyelenggarakan festival tari bertaraf internasional. 
    Hal tersebut diupayakan mengingat selama ini, Kabupaten lain di Bali hanya sebagai tempat dari penyelenggaraan festival tari oleh pemerintah pusat. 
    “Saya harapkan bisa dibawa ke Buleleng. Kelihatannya, secara lisan juga pak bupati setuju diadakan pada bulan Mei 2020 yang hampir berbarengan dengan Pesta Kesenian Bali (PKB),” ujar Wahyudi Sumantoro.
    Wahyudi Sumantoro juga mengatakan di samping pengenalan budaya Indonesia ke luar, delegasi negara lain juga harus datang ke Indonesia utamanya Buleleng. Para delegasi bisa melihat Indonesia dan melihat Buleleng pada khususnya secara langsung. Festival yang akan diselenggarakan adalah festival tari rakyat. 
    “Sudah saatnya kita menggelar dan para delegasi mengenal Buleleng secara langsung. Tari-tari yang difestivalkan adalah tari rakyat atau tradisi seperti di Meksiko ada tarian rakyat yang menggunakan rok gede-gede, tarian Polandia yang berpasangan. Itu yang bisa ditunjukkan ke penonton maupun wisatawan di Buleleng,” katanya.
    Sementara itu, Wabup Sutjidra mengungkapkan penggalian kebudayaan akan terus dilakukan dan menjadi pekerjaan yang berat untuk pengganti Gede Komang nantinya. Ini perlu dipersiapkan mengingat per 1 Januari 2020, Gede Komang sudah memasuki masa purna bakti. Gede Komang sudah merintis dan terus mengembangkan kebudayaan Buleleng melalui Dinas Kebudayaan. 
    “Apalagi Pak Gede Komang sudah menelurkan berbagai karya dan juga pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang kebudayaan,” ungkapnya.
    Wakil Bupati asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan ini menambahkan dengan purna bakti nya Gede Komang, menjadi catatan penting bagi Pemkab Buleleng untuk meneruskan penggalian kebudayaan di Buleleng. Penggalian menjadi berkembang saat ini karena Disbud Buleleng rutin menggelar pementasan pada hari Jumat setiap minggunya. Bahkan, promosi pun dilakukan sampai ke luar negeri. 
    “Ini luar biasa. Akan menjadi tugas kami selanjutnya untuk terus mengembangkan tradisi budaya di Buleleng agar tetap eksis,” tandas Sutjidra.     

    Penulis : Humas Buleleng

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Buleleng FIDAF Tim Tari Kancah Internasional


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV