OPD Pemkab Buat Penjor Meriahkan HUT Kota Tabanan - Beritabali.com

News

OPD Pemkab Buat Penjor Meriahkan HUT Kota Tabanan

Rabu, 27 November 2019 | 06:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Memperingati HUT Kota Tabanan ke-526 pada tanggal 29 November 2019 berbagai hibuaran dan kegiatan dilaksanakan. 

Pilihan Redaksi

  • Program Sampah Online Tabanan Tunggu Gedung dan Pembelian Alat
  • Bawa Sabu 6,44 Gram, Pria Asal Tabanan Dituntut 15 Tahun
  • Kunjungi Tabanan, Mensos Tegaskan Jangan Pernah Ragu dengan Program Pemerintah
  • Untuk mengawali pesta tahunan ini dilakukan lomba penjor berbahan alami. Lomba penjor diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tabanan di Gedung I Ketut Maria pada Selasa (26/11). 
    Tampak seluruh pegawai yang ditugasi lomba sudah sibuk mengikuti lomba penjor. Yang peserta laki-laki sibuk menyiapkan piranti yang digunakan untuk membuat penjor. Sedangkan para ibu-ibu membuat hiasan termasuk sampiannya. 
    Dalam lomba penjor ini ada aturan wajib yang harus diikuti setiap peserta. Pembuatan penjor harus menggunakan bahan alami seperti ambu, janur serta bahan lainnya yang alami. Bahkan peserta tidak diperkenankan menggunakan bahan yang sudah jadi seperti dari bahan daun lontar serta penggunaan plastik atau sterofom termasuk untuk mengikat  juga tidak boleh menggunakan tali plastik tapi tali dari bambu atau tali tutus. 
    Bahkan terlihat peserta melakukan kreasi dengan bahan alami seperti pelepah pisang dan ilalang sebagai pengganti sterofom. Begitupun  bahan yang digunakan untuk melilit bambu penjor juga menggunakan bahan alami dari ambu atau ada yang menggunakan tikar klasa.
    Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Tabanan I Wayan Yelada mengatakan pembuatan penjor dalam HUT Kota memang sengaja menggunakan bahan alami. Ini sejalan dengan peraturan Gubernur Bali untuk pengurangan sampah plastik. 
    "Aturan ini sudah dibuat jauh hari sebelumnya agar peserta lomba sudah siap mengikuti lomba," tegasnya. 
    Kata dia yang mengikuti lomba tersebut seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkab Tabanan. Dengan lomba penjor berbahan alami ini otomatis peserta akan mengeluarkan kreasinya dalam menghias penjor. 
    "Saya lihat seluruhnya menggunakan bahan alami, dan peserta nampak semangat mengikuti," imbuhnya. 
    Jelas dia, usai penjor tersebut dibuat, penjor akan dipasang mengelilingi areal I Gedung Ketut Maria. Tentunya cara ini untuk memberikan semarak perayaan HUT Kota Tabanan ke 526. 
    "Penjor dipasang di Gedung Maria keliling baik dari arah belakang dan arah depan," ujarnya. 
    Sementara itu sebagian Gedung Ketut Maria telah dihias. Nampak stand kuliner dan UKM sudah terpasang tinggal ditempati. Meskipun anggaran HUT Kota Tabanan turun drastis namun Pemkab Tabanan tengah berusaha membuat meriah dengan bekerjasama dengan event organizer.   

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : OPD Pemkab Tabanan Penjor HUT Tabanan


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV