Buleleng Raih Juara Pertama Napak Tilas I Gusti Ngurah Rai - Beritabali.com

Informasi

Buleleng Raih Juara Pertama Napak Tilas I Gusti Ngurah Rai

Kamis, 21 November 2019 | 14:35 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Kabupaten Buleleng berhasil meraih juara satu Napak Tilas Resimen I Gusti Ngurah Rai tahun 2019. Lomba yang rutin digelar setiap tahunnya ini untuk memperingati Hari Puputan Margarana.

Pilihan Redaksi

  • Safari Napak Tilas I Gusti Ngurah Rai Masuki Kota Gianyar
  • Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai Tiba di Jembrana
  • Hari Pahlawan Nasional di Denpasar, Jaya Negara Ramah Tamah dengan Veteran
  • Jelang Hari Pahlawan, Kapolres Klungkung Mohon Petuah ke Veteran
  • Trofi juara diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Arta Ardana Sukawati saat Upacara Peringatan  Hari Puputan Margarana di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, Rabu (20/11).
    Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Buleleng, Nyoman Mariani Febrianti, S.Sos.,MAP menjelaskan napak tilas ini merupakan agenda tahunan untuk memperingati Hari Pahlawan dan Hari Puputan Margarana.  Sebelumnya, berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut agenda ini. Pembentukan tim napak tilas menjadi hal pertama yang dilakukan. 
    “Setelah itu kami mengadakan koordinasi khususnya dengan kecamatan dan desa-desa yang dilalui oleh napak tilas ini,” jelasnya.
    Selain dengan kecamatan dan desa, koordinasi juga dilakukan kepada sekolah-sekolah yang dilalui. Ini dilakukan untuk mempersiapkan penyambutan di sepanjang jalan yang dilalui tim napak tilas. Penyambutan juga dipersiapkan dengan baik mengingat penyambutan tim napak tilas menjadi indikator penilaian. 
    “Sekitar 20 persen penilaian berasal dari penyambutan ini,” ujar Mariani Febrianti.
    Mariani Febrianti pun mengungkapkan selain penyambutan, serah terima dari dan ke Kabupaten lain juga menjadi indikator penilaian. Bahkan, serah terima ini menjadi indikator utama dalam penilaian. Bobot penilaian dari serah terima ini sekitar 30-40 persen. Saat pataka dan panji I Gusti Ngurah Rai disemayamkan di Tugu Perjuangan Tri Yudha Sakti, Dinas Sosial juga menyelenggarakan sarasehan kebangsaan. 
    “Ini menunjukkan serah terima juga menjadi sangat penting untuk dipersiapkan secara maksimal. Sarasehan yang kami lakukan juga menjadi nilai plus,” ungkapnya.
    Dirinya menambahkan tim napak tilas ini terdiri dari organisasi-organisasi kepemudaan. Diantaranya adalah Pemuda Panca Marga (PPM) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Dilibatkannya organisasi-organisasi pemuda dalam napak tilas dan keterlibatan masyarakat dalam menyambut merupakan sesuatu yang menurutnya sangat penting. Menjadi penting karena tujuan dari napak tilas ini adalah menggugah semangat kepahlawan dan mengenang jalur yang dilalui oleh Resimen I Gusti Ngurah Rai di Buleleng. 
    “Fokus kami memang melibatkan organisasi-organisasi kepemudaan, ormas, dan siswa-siswa di sekolah serta mengingatkan kembali sejarah dan juga nilai-nilai perjuangan I Gusti Ngurah Rai,” tandas Mariani Febrianti.

    Penulis : Humas Buleleng

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Buleleng Juara Pertama Napak Tilas I Gusti Ngurah Rai


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV