Spiritual

Benda Ini Diyakini Jero Mangku Dangin Mampu Menangkal Grubug Ayam

Kamis, 29 Agustus 2019 | 22:50 WITA
Benda Ini Diyakini Jero Mangku Dangin Mampu Menangkal Grubug Ayam

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Ada hal unik yang dilakukan oleh seorang warga penekun spiritual asal Desa Tista Gede, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem untuk menangkal wabah penyakit ternak (grubug). 
 
Jero Mangku Dangin namanya, meski beliau dikenal sebagai sosok penekun spiritual, namun dirinya memiliki sebuah keyakinan untuk menolak suatu wabah gerubug hewan ternak tidak harus melalui suatu ritual tertentu.
 
Mangku Dangin memiliki cara tersendiri untuk menangkal gerubug yaitu dengan menggunakan "pong-pongan" dan tulang tempurung babi yang ditaruh di areal pekarangan rumahnya.
 
Pong-pongan sendiri adalah buah kelapa tua yang berisi lubang bekas dimakan tupai. Hanya saja yang bisa dipergunakan adalah pong - pongan yang berisi dua buah lubang. Begitu juga tulang tempurung kepala Babi, untuk bisa dipergunakan, tulang tempurung kepala babi ini harus dari kepala Babi yang diguling pada saat hari Kajeng Kliwon.
 
"Ini adalah keyakinan saya sebagai pertahanan untuk menangkal gerubug ayam," kata Jero Dangin pada Kamis (29/08/2019).
 
Mungkin apa yang dilakukan oleh Mangku Dangin ini agak sulit diterima akal sehat. Namun, baginya menangkal suatu wabah penyakit hewan dalam hal ini gerubug ayam menggunakan sejumlah benda tersebut diyakini benar-benar ampuh.
 
Terbukti ketika hewan ternak ayam milik tetangga di sekeliling rumahnya grubug, ayam milik Jero Mangku sehat-sehat saja.
 
"Kemabli lagi, ini adalah soal keyakinan saja, karena memang entah kebetulan atau seperti apa, ketika ayam tetangga kena gerubug, ayam yang ada di pekarangan saya tidak ada kenapa-napa," tutur Mangku Dangin. (bbn/igs/rob)

Penulis : bbn/igs

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Benda Penangkal Grubug Ayam


Beritagianyar.com - Media Online Gianyar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Gianyar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Karangasem Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV