Drama Musikal Masa Kerajaan Karangasem Buka Simposium Geopark Asia Pasifik - Beritabali.com

News

Drama Musikal Masa Kerajaan Karangasem Buka Simposium Geopark Asia Pasifik

Selasa, 03 September 2019 | 23:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, .
 Drama musik kolosal dengan judul '3 Secret of Rinjani' atau tiga rahasia Rinjani menjadi acara pembuka, The 6th Asia Pasific Geopark Networks  (APGN) Symposium di Lombok Raya Hotel, Mataram, Senin (3/9).  

Pilihan Redaksi

  • Dua Bukit Kawasan Wisata Lombok Utara Terbakar Lima Hektar
  • Kawasan Batur Tetap Masuk Unesco Sebagai Geopark Dunia, Sampai Dimana Pengelolaannya?
  • Peran Badan Pengelola Batur Unesco Geopark Belum Optimal
  •  
    Disaksikan ratusan ahli Geologi delegasi dari 34 negara, ditampilkan kisah tentang pasukan perempuan yang sangat disegani pada masa kerajaan Karangasem. Yakni pasukan Balap Awestri dari Bayan. 
     
    Ratusan delegasi di even internasional ini memberi apresiasi dengan tepukan berdiri (standing applause) panjang dan berulang-ulang. Karena gerak enerjik 100 orang penari dari usia sekolah TK hingga mahasiswa, serta budayawan Sasak di Lombok. 
     
    Drama musikal yang ditampilkan mencoba mengangkat peradaban masa lampau, masa kini, dan masa depan. Surya Mulawarman selaku sutradara menjelaskan, drama musikal mengisahkan tentang tiga rahasia gunung Rinjani dari tiga perspektif. Pertama Rinjani yang dianggap sebagai energi oleh masyarakat Sasak. Kedua Rinjani sebagai peradaban dan pusat vulkanologi. Dan ketiga Rinjani sebagai mitologi dengan banyak simbol-simbol kehidupan.
     
     
    Acara simposium yang diawa

    Pilihan Redaksi

  • Pihak RSU Negara Bantah Keras Dugaan Penelantaran Pasien
  • Kedua Keluarga Korban yang Terseret Ombak di Tanah Lot Sudah Menempuh Jalur Niskala
  • Alasan Keamanan, Rekonstruksi Kasus Penebasan di Abiansemal Dilakukan di Mapolres Badung
  • li dengan pemukulan gamelan tradisional Lombok, Gendang Belig oleh Gubernur NTB,  Doktor Zulkiflimansyah ini dihadiri Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rahman. Perwakilan UNESCO untuk Indonesia Hans Deencker, Deputi Kemenkom Maritim RI Safri Burhanuddin, dan Presiden APGN, Guy Martini.
     
    Simposium berlangsung dari tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2019. Gunung Rinjani ditetapkan sebagai salah satu Geopark dunia dalam sidanh UNESCO di Paris, April 2019 lalu. Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang mencakup empat wilayah di pulau Lombok.  Mulai dari Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok tengah, dan Lombok Timur. 
     
    Salah satu unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak yang berada di sebagian gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut. Sebelumnya kaldera gunung Batur di Bali dan geoprak gunung Sewu di Jogjakarta sudah masuk dalam jaringan Geopark UNESCO. (bbn/lom/rob)

    Penulis : Ni Luh Sulastri

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Drama Musikal Kerajaan Karangasem Simposium Geopark


    Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

    Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV