Haturkan Nasi Wong-Wongan 5 Warna, Warga: Semoga Wabah Corona Segera Berakhir - Beritabali.com

News

Haturkan Nasi Wong-Wongan 5 Warna, Warga: Semoga Wabah Corona Segera Berakhir

Kamis, 02 April 2020 | 22:25 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Hampir di seluruh pintu masuk rumah warga Karangasem sore ini, Kamis (02/04/2020) masih terlihat sisa - sisa bekas menggelar ritual menghaturkan segehan berupa nasi wong - wongan dengan warna berbeda di setiap bagian tubuhnya.

Pilihan Redaksi

  • Tata Cara Upacara Ngaben bagi yang Meninggal Karena Virus Corona
  • Di Tengah Pandemi Corona, Ini Imbauan PHDI Bali untuk Upacara Melasti
  • Menurut beberapa warga, ritual menghaturkan nasi wong - wongan tersebut digelar setelah mereka melihat foto sebuah surat di media sosial yang di dalamnya bertuliskan "Dalam upaya pencegahan Covid-19 berbasis desa adat di Bali, dan berdasarkan hasil pertemuan dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia provinsi Bali, dengan ini mohon bantuan agar menyampaikan kepada seluruh desa adat dan krama desa adat di Bali supaya melaksanakan upacara nunas ica kerahayuan kepada Ida Bhatara Sesuhunan untuk keharmonisan alam, krama dan budaya bali secara serentak.
    Di dalam surat tersebut juga dijelaskan agar menggelar upacara serentak dilaksanakan pada hari Selasa, (31/03/2020) mulai pukul 18.00 WITA dengan menghaturkan pejati dan nyejer sampai dengan wabah Covid-19 berakhir. 
    Selain itu, ada juga beberapa pemberitahuan lebih lanjut seperti salah satunya adalah pelaksanaan upacara pada hari ini Kamis (02/04/2020).
     Disana warga diberitahukan agar menghaturkan banten pejati yang dilengkapi dengan bungkak nyuh gading (Kelapa Gading muda) di merajan atau sanggah keluarga masing - masing.
    Di areal lebuh pekarangan (Pintu Masuk) warga juga diminta untuk menghaturkan nasi wong - wongan dengan ulam bawang jahe dan garam beralaskan ujung daun pisang dengan ketentuan bagian kepala warna putih, tangan kanan warna merah, tangan kiri warna kuning, badan panca warna dan bagian kaki berwarna hitam.
    "Tahunya dari media sosial dan pesan berantai soal menghaturkan nasi wong - wongan tersebur, ya terlepas dari semua itu harapan saya agar semua rahayu dan wabah penyakit covid-19 bisa secepatnya berakhir baik di Bali, Indonesia dan seluruh dunia," tutur Putri Cahyaningsih salah seorang warga sekaligus sebagai Ketua KMHDI Kabupaten Karangasem yang juga menggelar ritual tersebut.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Nasi Wong-Wongan Karangasem


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV