Suwirta Luncurkan Modul Pengelolaan Sampah untuk Generasi Muda - Beritabali.com

Informasi

Suwirta Luncurkan Modul Pengelolaan Sampah untuk Generasi Muda

Minggu, 22 September 2019 | 16:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KLUNGKUNG.
Bukti keseriusan Pemkab Klungkung dalam menangani permasalahan sampah di Kabupaten Klungkung, yang dibuktikan dengan membuat modul ektrakulikuler pengelolaan sampah, yang bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak para guru dan generasi muda untuk melakukan pengelolaan sampah. 

Pilihan Redaksi

  • Suwirta Beri Sanksi Masyarakat yang Tidak Memiliki Lubang Daur Ulang Sampah
  • Pura Puncak Sari Pesinggahan Terbakar, Suwirta Upayakan Anggaran untuk Perbaikan
  • Suwirta Ajak Anggota Dewan Klungkung yang Baru Jalin Kerja Sama yang Baik
  •  
    Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny.Ayu Suwirta meluncurkan buku modul ekstrakulikuler pengelolaan Sampah bertempat di Lapangan Puputan Klungkung, pada Minggu (22/09/2019).
     
    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung I Dewa Gde Darmawan, dalam laporannya menyatakan modul Ektrakulikuler Pengenalan dan Pengelolaan sampah Kabupaten Klungkung disusun berkat Kerjasama Pemkab Klungkung dan PT. Indonesia Power yang berisi tentang persoalan mengenai sampah dan upaya mengatasinya. 
     
    Dengan harapan melalui modul ini mampu berkontribusi dalam penyelesaian persoalan mengenai masalah sampah melalui proses pembiasaan yang diterapkan di masing-masing sekolah dalam menjaga kebersihan lingkungan dari tumpukan sampah sebagai bagian integral dari penguatan pendidikan karakter. 
     
    Direktur Utama PT Indonesia Power m. Ahsin Sidqi mengharapkan kedepan sampah yang mengganggu masyarakat dapat dimanfaatkan menjadi produk  yang sangat berguna, dengan menggunakan program sederhana yang diterapkan di Kabupaten Klungkung terkait penanganan sampah dapat menjadi pilihan untuk model pengelolaan sampah di seluruh Nusantara.
     
    Perwakilan Dewan Pertimbangan Proper Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan Republik Indonesia Prof. Sudarto P. Hadi mengatakan bahwa Dewan Pertimbangan Proper merupakan Dewan Yang mempunyai tugas melakukan evaluasi terhadap para peserta Program Penilaian Peringkat Perusahaan. Prof. Sudarto P. Hadi menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang menginisiasi pengelolaan sampah berbasis Tempat Olah Sampah Terpadu (TOSS) yang kemudian disebarluaskan melalui launching pada hari ini. 
     
    Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan Bahwa pemerintah Kabupaten Klungkung berkomitmen dalam menangani Sampah. 
     
    Bupati Suwirta mengharapkan dengan adanya Modul ini, generasi muda dapat menerapkan modul pengelolaan sampah ini di rumah dan lingkungan tempat tinggal masing-masing. 
    Dalam sambutannya, Bupati Suwirta menugaskan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan dan Dinas pendidikan Kabupaten Klungkung agar bekerjasama dengan STT PLN dalam memberikan edukasi ke sekolah terkait modul Pengelolaan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), agar modul dapat benar-benar berguna dalam mengatasi permasalahan sampah, dan dapat juga berguna bagi masyarakat. 
     
    Bupati suwirta mengatakan Pemkab Klungkung hari ini melaunching 4 program yang memiliki keterkaitan antara satu program dengan program lainnya, Diantaranya launching modul ekstrakulikuler Pengelolaan Sampah, bang daus, Sekolah Nol Sampah (S0S) dan pilah sampah dari sumbernya. 
     
    “Adapun

    Pilihan Redaksi

  • Festival Hockey Berkonsep Sport Tourism dengan Kearifan Lokal
  • Guru Spiritual Pasang Karet Hitam di Kelamin untuk Memperbesar Penis
  • BPD Bali Serahkan Bantuan CSR untuk Perbaikan Pura Puncak Sari yang Terbakar
  • keterkaitan antara program-program tersebut antara lain, pertama untuk menjadikan Sekolah Nol Sampah (S0S) ini diperlukan modul pengelolaan sampah, selain modul tersebut juga diperlukan dua kegiatan yakni Pilah sampah dari sumbernya, dan menaruh sampah organik pada Bang Daus,” ujar Bupati Suwirta.
     
    Bupati Suwirta meminta kepada kepala sekolah, dan para guru disekolah, baik SD,SMP,SMA/SMK yang ada di Kabupaten Klungkung agar modul pengelolaan sampah dapat diterapkan oleh generasi muda Klungkung dan dilaksanakan dengan baik.  
    Bupati Suwirta juga meminta agar Bang Daus tersedia disemua sekolah di Kabupaten Klungkung. 
     
    Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan Penyerahan modul yang dilaksanakan secara simbolis kepada lima orang kepala sekolah SD dan lima orang kepala Sekolah SMP.  Turut hadir dalam acara launching tersebut General Manager Bali Power generasi Unit IGAN Wardiana Yasa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung AA Kirana, serta undangan terkait lainnya. (bbn/humasklungkung/rob)

    Penulis : Humas Klungkung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pengelolaan Sampah Bupati Suwirta Klungkung Generasi Muda Bupati Klungkung


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV