Pembuat Arak Sambut Baik Wacana Legalisasi Arak Bali - Beritabali.com

Ekbis

Pembuat Arak Sambut Baik Wacana Legalisasi Arak Bali

Kamis, 03 Oktober 2019 | 07:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Wacana Pemerintah untuk melegalkan arak Bali disambut baik oleh pembuat arak tradisional di Kabupaten Karangasem. Salah satunya adalah I Ketut Togog (50) asal Banjar Undisan, Desa Lantang Katik, Sidemen, Karangasem. 

Pilihan Redaksi

  • Pengrajin Arak Tradisional di Sidemen Diwariskan Turun-Temurun
  • Depresi Masalah Ekonomi, Agus Minum Arak Campur "Bayclin"
  • Kerap Digrebek, Petani Arak Tradisional Ngadu ke Dewan Karangasem
  • Pria lima orang anak ini berharap, apabila wacana tersebut nantinya benar-benar disahkan agar bisa meningkatkan kesejahteraan para pengerajin arak traditional.
    "Saya pribadi menyambut baik, selama itu bisa meningkatkan kesejahteraan kami para pembuat arak karena ini sudah kami lakoni secara turun - temurun dan menjadi pencaharian utama," harap Ketut Togog.
    Disamping itu, belakangan ini menjadi pembuat arak traditional nampaknya mulai kurang diminati oleh generasi muda di wilayah tersebut. Kebanyakan mereka lebih memilih untuk merantau bekerja di wilayah Denpasar.
    "Sekarang anak - anak muda juga tidak mau melanjutkan usaha pembuatan arak lebih banyak senang kerja di Denpasar," tandasnya.
    Sementara itu, beberapa waktu lalu sejumlah pengrajin arak asal Desa Kebung, Sidemen, Karangasem juga sempat mengadu ke Dewan Karangasem atas penggrebekan yang dialami sejumlah pembuat. 
    Disana para pembuat juga meminta ketika wacana melegalkan arak agar pemerintah turun dahulu kelapangan dan menggelar audiensi bersama para pembuat arak sehingga apa yang diharapkan oleh pengerajin dan pemerintah bisa diakomodir di dalamnya. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Legalisasi Arak Bali Pembuat Arak Karangasem


    Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

    Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV