Tingkatkan Layanan Akte Perkawinan, Pemkab Jembrana Luncurkan Inovasi "Adinda" - Beritabali.com

News

Tingkatkan Layanan Akte Perkawinan, Pemkab Jembrana Luncurkan Inovasi "Adinda"

Jumat, 11 Oktober 2019 | 18:10 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Guna mempermudah layanan serta meningkatkan kepemilikan akte perkawinan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jembrana meluncurkan program inovasi Adinda (anda datang ingin nikah kami datang membawakan akte perkawinan).

Pilihan Redaksi

  • Terbaik Ketiga, Jembrana Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi
  • Kodim 1617/Jembrana Gelar Penyuluhan Narkoba dan Tes Urine Anggota
  • Ngaben Gratis, Pemkab Jembrana Bantu Rp 200 Juta Per Kecamatan
  • Inovasi ini diluncurkan guna mempermudah masyarakat khususnya mereka yang baru berumah tangga mengurus akte perkawinannya. Syaratnya pun cukup gampang, tinggal membawa fotocopi KK calon mempelai, foto copi KTP mempelai, foto copy KTP 2 saksi perkawinan, pas foto gandeng 4x6 4 lembar serta tanggal perkawinan, minimal seminggu sebelum perkawinan digelar.
    Nah, tepat saat pernikahan tiba, akte perkawinan kedua mempelai sudah jadi, bahkan langsung diantarkan petugas Dukcapil Jembrana ke lokasi resepsi.
    "Ini inovasi Dinas Dukcapil Jembrana untuk memotivasi masyarakat khususnya bagi mereka yang baru berumah tangga untuk segera mengurus akte perkawinan sebagai syarat kelengkapan dokumen kependudukan," Ujar dewa Wardana, Kabid Catatan Sipil usai penyerahan akte perkwinan di resepsi pasangan mempelai I Ketut Agus Juliantara dengan Ni Putu Ayu Linda Aristia Dewi, yang beralamat di Banjar Petapan Kelod, Desa Pergung. Kecamatan Mendoyo.
    Ide ini menurutnya karena seringkali warga yang baru menikah kerap kali terlambat mengurus aktenya. "Mungkin karena sibuk, atau belum tahu cara mengurusnya , bahkan ada hingga berbulan bulan belum mengurus aktenya sejak tanggal pernikahan. Biasanya mereka baru mengurus akte nikah saat hendak mencari akte kelahiran," papar

    Pilihan Redaksi

  • Koster: "Nyastra", Upaya Menggunakan Kesusastraan Agar Menjadi Manusia Utama
  • Bawa 41 Paket Sabu, Pemuda Asal Buleleng Terancam 20 Tahun Penjara
  • Tes Urine, 7 Petugas Lapas Positif ETG
  • Wardana.
    Padahal menurut Wardana akte perkawinan itu sangatlah penting sebagai dokumen yang berkekuatan hukum ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri. Hal ini sesuai ketentuan peraturan perundang undangan.
    "Akta perkawinan juga sebagai dasar/syarat menerbitkan akta kelahiran anak- anak. Jadi meskipun secara adat pencatatan perkawinan sudah selesai tapi wajib juga dilengkapi dengan akte perkawinan," tambahnya.
    Karena itu melalui inovasi adinda ini pihaknya berharap mampu menggugah kesadaran warga untuk lebih tertib lagi mengurus dokumen kependudukan, minimal dengan segera melaporkan. "Silakan datang ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil, pasti akan dibantu, dan layanan ini gratis," Pungkasnya. 

    Penulis : Berita Advertorial

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Akte Perkawinan Inovasi Adinda Pemkab Jembrana


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV