5 Jempana dan 3 Bangunan Pura Puseh Desa Adat Muntig Hangus Terbakar - Beritabali.com

News

5 Jempana dan 3 Bangunan Pura Puseh Desa Adat Muntig Hangus Terbakar

Selasa, 15 Oktober 2019 | 13:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Tiga unit bangunan beserta lima buah jempana yang ada di Pure Puseh Desa Adat Muntig, Banjar Dinas Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, ludes terbakar pada Selasa (15/10/2019).

Pilihan Redaksi

  • Kebakaran Hutan Hanguskan Bangunan Pura Madia Dukuh Bujangga
  • Hasil Penelitian: Catur Ampuh Bakar 6.000 Kalori
  • Api Sisa Dupa Sembahyang Diduga Picu Kebakaran Gedong Penyimpenan
  • Peristiwa kebakaran ini dibenarkan oleh Kapolsek Kubu, AKP. I Komang Sura Maryantika ketika dikonfimasi. Menurutnya, peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui oleh seorang warga yang tinggal di dekat pura Puseh tersebut bernama Nyoman Bendesa (70) sekitar pukul 04.00 WITA.
    Dari keterangan yang diberikan oleh Nyoman Bendesa, saat itu dirinya baru bangun untuk beraktifitas, namun ketika keluar rumah ia terkejut lantaran melihat ada api di bangunan Pura Puseh Desa Adat Muntig, dimana jarak rumahnya dengan Pura hanya 50 meter.
    "Mengetahui ada kebakaran, yang bersangkutan kemudian mendekati TKP dan dilihat Bale Panggungan yang atapnya terbuat dari ijuk sudah dilalap api," kata Kapolsek Sura Maryantika.

    Pilihan Redaksi

  • Polres Karangasem Ringkus 4 Pecandu Narkoba
  • 5 Kali WTP Berturut-Turut, Pemkab Jembrana Diganjar Penghargaan
  • Wawali Jaya Negara Buka Turnamen Bola Voli Piala Walikota Denpasar
  • argin-bottom: 15px;">Mendapati bangunan pura terbakar, dirinya kemudian memberitahu kepada warga untuk melakukan pemadaman. Di waktu yang sama lewat I Nyoman Ribek yang kebetulan membawa kendaraan tangki air juga ikut memdamkan api. 
    Hanya saja, usaha warga sia-sia karena kondisi angin yang cukup kencang dan posisi pada ketinggian sehingga air lemah mengalir ke areal Pura. Bangunan yang ada di jeroan Pura Puseh Muntig yang terbuat dari kayu dan atap dari ijuk hangus dilalap api.   Adapun bangunan yang terbakar diantaranya satu buah bangunan Bale Panggungan dengan luas 4x20 m, satu buah Bale Pegat berukuran  4×12 m, Satu buah Bale Agung berukuran 3x24 m beserta lima buah Jempana dan pengangge yang ada bangunan tersebut.
    "Akibat kejadian ini kerugian material ditaksir mencapai Rp. 2,5 Milyar. Sementara penyebab kebakaran belum diketahui dan masih ditangani unti Reskrim Polsek Kubu," ungkap Sura Maryantika.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pura Puseh Desa Adat Muntig Terbakar Karangasem


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV