Ini Sejumlah Persoalan yang Ditemui KPU Badung Saat Coklit - Beritabali.com

Politik

Ini Sejumlah Persoalan yang Ditemui KPU Badung Saat Coklit

Kamis, 06 Agustus 2020 | 20:25 WITA
KPU Badung, Coklit, Badung, data pemilih

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
KPU Kabupaten Badung melaksanakan evaluasi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing Desa atau Kelurahan pada Kamis (6/8). 

Pilihan Redaksi

  • KPU Denpasar: Jumlah Pemilih Dibatasi 500 Orang di Tiap TPS
  • KPU Denpasar dengan Universitas Mahasaraswati Gelar Webinar Pilwali 2020
  • KPU Denpasar Lakukan Coklit Data Pemilih dengan Protokol Kesehatan
  • Selanjutnya, KPU Kabupaten Badung melaksanakan evaluasi Coklit bersamaan dengan proses penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran pada tanggal 5 hingga 6 Agustus 2020. Dalam evaluasi terungkap ada beragam permasalahan yang dihadapi di lapangan.
    "Ada memang berbagai masalah yang muncul sampai saat ini, mulai ada data pemilih yang telah meninggal muncul, sudah tidak adanya pemilih sesuai data yang ada karena sudah pindah domisili, masih adanya petugas PPDP yang hanya mengenakan masker saja saat bertugas di awal-awal," kata Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Kamis (6/8) di Badung.
    Terkait pengawasan dilakukan Bawaslu Badung dan jajaran terkait, dalam pengawasan jika ada petugas PPDP yang melakukan kesalahan administrasi maka akan diberi surat imbauan.
    "Pengawasan dilakukan oleh teman-teman Bawaslu Badung bersama jajarannya. Serta dikeluarkan surat berupa imbauan, saran, dan perbaikan kepada petugas PPDP yang melakukan kesalahan administrasi berupa kesalahan memasukkan data sehingga dilakukan perbaikan dan coklit ulang," paparnya.
    Kemudian terkait dengan pendataan masyarakat yang tertinggal dari pendataan, karena waktu pelaksanaan Coklit mulai dari 15 Juli sampai 13 Agustus 2020, jika masih ada yang belum terdata akan dilanjut proses coklit hingga 13 Agustus 2020. 
    "Bila seandainya setelah Coklit masih ada warga pemilih yang belum masuk datanya, maka akan didata oleh petugas di tingkat desa yakni PPS (Panitia Pemungutan Suara) pada saat tahapan perbaikan data pemilih sementara," jelasnya.
    Sedangkan untuk pemilih disabilitas, sebutnya, sudah dilakukan Coklit namun rekap datanya belum masuk ke KPU Badung. Ia menyebut setelah Coklit per 13 Agustus 2020, hasil Coklit akan direkap oleh PPS.
    "Belum direkap datanya, jadi kami belum dapatkan datanya," ucapnya
    Dia menambahkan, pelaksanaan Coklit dilaksanakan mulai 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 sehingga tahapan Coklit KPU Kabupaten Badung akan berakhir 13 Agustus 2020 mendatang.

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : KPU Badung Coklit Badung Data Pemilih


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV