Kasus Perdagangan Berjangka di Bali (5-Habis): Akibat Informasi dan Edukasi yang Kurang - Beritabali.com

Hukrim

Kasus Perdagangan Berjangka di Bali (5-Habis): Akibat Informasi dan Edukasi yang Kurang

Senin, 25 November 2019 | 18:40 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa yang juga motivator Ni Nengah Wardani mengatakan peristiwa ini terjadi karena informasi, edukasi yang tidak benar dan detail, serta masyarakat yang kurang cerdas.

Pilihan Redaksi

  • Kasus Perdagangan Berjangka di Bali (4): PT SGB Klaim Sebagai Perusahaan Pialang Legal
  • Kasus Perdagangan Berjangka di Bali (3): Mahasiswa Minta Gubernur Hentikan Aktivitas PT SGB
  • Kasus Perdagangan Berjangka di Bali (2): Kerugian Nasabah di Bali Mencapai Rp60 Miliar
  • Selain itu, kata dia, mereka tergiur iming-iming keuntungan besar walau mendapatkan uang untuk disetor dari dari pinjaman bank, koperasi, LPD dan sebagainya. Dengan kegiatan ini, ia berharap masyarakat cerdas sehingga terhindar dari korban ketidakjelasan informasi.
    Di sisi lain ia juga memberikan motivasi untuk masyarakat yang sudah terlanjur menjadi korban agar bangkit dari terpurukan karena jika terus terpuruk nantinya tidak bisa bekerja.
    "Terus mari kita hadapi, ikhlaskan dan tetap berjuang untuk menuntut hak yang sesuai dijanjikan," ujarnya.
    Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Produk PT.Bursa Berjangka Jakarta, Lukas Lauw menambahkan, kasus perdagangan berjangka yang muncul di masyarakat, bisa berasal dari banyak sumber masalah.
    "Bisa dari pialang yang tidak legal, tidak menjalankan prosedur, oknum pialang itu sendiri tidak menjalankan aturan yang berlaku, yang hanya memberi iming-iming saja dan tidak menyampaikan risiko, atau sumber masalah bisa dari nasabahnya sendiri,"jelasnya.
    Agar nasabah tidak terkena masalah saat akan terjun ke bisnis ini, Lukas menyarankan agar nasabah rajin melihat legalitas perusahaan perdagangan berjangka dengan cara melihatnya di website Bapepti, BPJ, dan Kliring Berjangka.  
    "Di Kliring Berjangka juga cek legalitasnya, apakah rekening benar terdaftar di bapepti, bisa cek websitenya. Dalam website iu sudah mengandung atuan-aturan yang harus dipenuhi oleh pialang, pastikan pialangnya terdaftar di tiga lembaga itu,"ujarnya.

    Penulis : Tim Liputan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : SGB Kerugian Miliaran Kurangnya Edukasi


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV