Pesraman Hindu Diobrak-abrik dan Kitab Suci Dirusak di Banyuwangi - Beritabali.com

Hukrim

Pesraman Hindu Diobrak-abrik dan Kitab Suci Dirusak di Banyuwangi

Rabu, 05 Februari 2020 | 07:00 WITA

bbn/suara.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Pasraman Purwa Dharma 6 di Dusun Sambirejo, Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi mengalami pengrusakan yang diduga dilakukan oleh seseorang yang tak dikenal.

Pilihan Redaksi

  • Ruangan Kelas Rusak, Belasan Siswa SDN 8 Bunutan Belajar di Dalam Gudang
  • Rusak Pintu Villa, Luzi Terancam 2 Tahun Penjara
  • Pohon Tumbang Patahkan Tiang Listrik dan Rusak Pelinggih
  • Dikutip dari Suara.com, akibat dari pengrusakan itu, lima kitab suci dan sekitar 20 buku pelajaran, serta piagam penghargaan robek. Sementara papan tulis dan meja kelas dicoret-coret gambar tak senonoh menggunakan kapur tulis.
    "Malam Kamis (Rabu 29/1/2020) salah satu orang masuk merusak tempat, dan mencoret tembok dengan gambar yang tidak senonoh, juga bangku," kata Kepala Pasraman Gatot Witoyo saat dihubungi, Selasa (4/2/2020).
    Akibat kejadian tersebut, kitab-kitab yang rusak antara lain Atharwaweda, Pancaweda dan Bhagawad Gita, serta buku yang rusak menimbulkan kerugian sekitar Rp 2,5 juta.
    Dia menjelaskan, kejadian tersebut sudah beberapa kali terulang tanpa diketahui pelakunya. Pihaknya kini berusaha mencari tahu unsur kesengajaan perusakan dan mempertimbangkan untuk melaporkan ke kepolisian bila ada dugaan kuat terjadi pelecehan.
    Gatot menjelaskan tempat pendidikan anak umat Hindu non formal di Desa Sambimulyo itu tidak pernah ditolak warga. Dia mengatakan mayoritas warga menerima kegiatan di sana dengan baik. Namun diperkirakan pelaku mengenal baik lokasi tersebut hingga lolos dari pantauan kamera pengawas (CCTV).
    "Apa hanya orang iseng masuk coret-coret apa anak mainan, masih dipelajari, kalau kriminal ya kita laporkan. Rekaman CCTV masih kosong, belum diketahui. Orangnya tahu lokasi karena lewat bagian belakang rumah," kata Gatot lagi.

    Penulis : Media Network

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pesraman Hindu Pengrusakan Banyuwangi


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV