Luh Karmila, Perbekel Desa Takmung Dilantik di “Tempat Sampah” - Beritabali.com

News

Luh Karmila, Perbekel Desa Takmung Dilantik di “Tempat Sampah”

Rabu, 15 Juli 2020 | 13:00 WITA
Perbekel Desa Takmung, Klungkung, Bank sampah, sampah

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KLUNGKUNG.
Ada yang unik dalam pelantikan penjabat Perbekel Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan Klungkung sengaja dilantik di lokasi pengolahan sampah, Bank Sampah Takmung Asri, di desa setempat.

Pilihan Redaksi

  • Aksi Tukar Sampah Plastik dengan Beras Merembet ke Beberapa Banjar
  • PPLH Bali Serukan Stop Pembuangan Sampah Organik Sekolah ke TPA
  • Peresmian Fasilitas Pengolahan Sampah di Desa Taro Gianyar
  •  
    Hal ini ternyata dimaksudkan untuk bisa lebih peduli dan bisa bekerja dengan baik utamanya pengelolaan sampah di masyarakat.
     
    “Untuk tempat pelantikan perbekel sengaja kami laksanakan di Bank sampah agar pejabat bisa lebih dekat dengan yang namanya sampah yang saat ini menjadi prioritas pemerintah daerah dalam penangananya,” kata Camat Banjarangkan, Anak Agung Putra Mahajaya, Rabu (15/7/2020). 
     
    Dan pelantikan juga dilakukan secara terbuka namun dihadiri oleh orang yang dipentingkan saja untuk menjaga protokol kesehatan. Anak Agung Putra Mahajaya juga mengatakan, walaupun hanya penjabat Perbekel, diharapkan pimpinan di desa yang baru ini nantinya juga mampu menciptakan inovasi.
     
    Setidaknya, kata dia, bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya pemilahan sampah sebelum dibuang dan tidak membuang sampahnya sembarangan. Terlebih di Takmung sendiri sudah ada bank sampah dan sejak lima tahun sudah mampu menampung sampah masyarakat serta bisa menghasilkan uang. 
     
    Pelantikan PJ Perbekel Takmung ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan perbekel karena desa Takmung ikut dalam pelaksanaan pilkel serentak yang direncanakan akan dilakukan pemilihan bulan Agustus dan pelantikan bulan Oktober. 
     
    Sementara, Pj Perbekel Luh Karmila Susilawati, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Banjarangkan, mengaku sudah mengenal Desa Takmung yang terdiri dari 9 banjar.  
     
    “Sebelumnya saya sering melaksanakan kegiatan sosialisasi di Desa Takmung khususnya bidang perekonomian dan pembangunan untuk memajukan perekonomian masyarakat di Desa, utamanya pengelolaan sampahnya yang saat ini sudah menjadi salah satu penghasilan baik masyarakat yang menjadi pegawainya maupun masyarakat umum didesa ini yang menabung sampahnya,” kata Karmila usai pelantikan.
     
    Dia juga mengaku akan mendorong dan mengajak desa-desa lainnya di Klungkung dan Banjarangkan khususnya untuk melakukan studi banding ke Bank sampah di desa yang saat ini dipimpinnya agar bisa menjadi inspirasi sampah bisa menjadi sumber penghasilan. 
     
    “Saya akan mengajak masyarakat intinya bagaimana pemilahan sampah dengan baik, misalnya kalo sampah organik bisa langsung diolah sendiri menjadi kompos yang kemudian menjadi pupuk di lahan sendiri dan sampah non organiknya bisa dijual ke bank sampah, selain itu masyarakat juga bisa lebih peduli untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.  

    Penulis : Kontributor Klungkung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Perbekel Desa Takmung Klungkung Bank Sampah Sampah


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV