Bangli Raih Penghargaan Capaian Sensus Penduduk Online - Beritabali.com

Informasi

Bangli Raih Penghargaan Capaian Sensus Penduduk Online

Rabu, 12 Agustus 2020 | 22:20 WITA
Bangli, Sensus Penduduk Online, Statistik, BPS

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BANGLI.
Bupati Bangli, I Made Gianyar, SH.,M.Hum menerima audiensi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangli dalam rangka menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia atas capaian Sensus Penduduk Online (SPO) yang berlangsung sejak 15 Februari 2020 hingga 29 Mei 2020. 

Pilihan Redaksi

  • 192.303 Penduduk di Denpasar Telah Ikuti Sensus Penduduk Online
  • Lampaui Target SP Online, Badung Raih Penghargaan dari BPS Pusat
  • Penghargaan ini diterima sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi masyarakat Bangli dalam SPO yang mencapai 39,87 persen melampaui target yang ditetapkan sekitar 20 persen. Capaian di Kabupaten Bangli juga berhasil meraih peringkat keempat tertinggi dibandingkan kabupaten kota di Bali. 
    Pada tingkat provinsi Bali capaian SPO tercatat sebesar 35,59 persen. Dengan demikian capaian di Kabupaten Bangli selain melampui target juga mampu bertengger di atas capaian Provinsi Bali.
    Sensus Penduduk Online  merupakan proses bisnis ketiga dalam proses bisnis Sensus Penduduk (SP2020) setelah proses bisnis Koordinasi dan Konsolidasi serta proses bisnis kedua Penyiapan Basis Data Dasar. Pada tahapan ini masyarakat di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Bangli dapat berpartisipasi secara aktif mengisi mandiri informasi kependudukannya melalui laman sensus.bps.go.id. 
    Informasi yang dikumpulkan nantinya diharapkan mampu menjadi dasar perumusan kebijakan dan target pembangunan selama sepuluh tahun ke depan. Antusiasme dan partisipasi aktif penduduk Bangli dalam mencatat Indonesia telah mengantarkan Kabupaten Bangli meraih penghargaan sekaligus menjadi kabar gembira bagi seluruh masyarakat Bangli di tengah pandemi.
    Sensus Penduduk merupakan amanat Undang-Undang No 16 Tahun 1997 tentang Statistik yang dimandatkan kepada Badan Pusat Statistik untuk dilakukan setiap sepuluh tahun sekali. Metode yang digunakan pada Sensus Penduduk 2020 sedikit berbeda dengan metode sensus penduduk sebelumnya. Berdasarkan rekomendasi dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) maka pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan metode kombinasi yaitu dengan mengoptimalkan data penduduk registrasi dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Metode ini dipilih mengingat perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih dan mutakhir sehingga penting dioptimalkan untuk data kependudukan yang lebih akuntabel.
    Pada Sensus Penduduk Online 2020 tercatat sebanyak 91.224 penduduk atau 39,87 persen dari 228.827 penduduk Bangli telah mencatatkan dirinya secara mandiri dengan sistem daring. Ditinjau dari kecamatan di Kabupaten Bangli, kecamatan dengan respon rate SPO tertinggi adalah kecamatan Bangli yaitu sebanyak 33.379 penduduk, kemudian kecamatan Kintamani 25.675 penduduk, kecamatan Susut 20.114 penduduk serta kecamatan Tembuku sebanyak 12.056 penduduk. 
    Capaian tersebut tidak terlepas dari upaya dari Bupati Bangli beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bangli yang telah memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan Sensus Penduduk Online 2020. Prestasi tercapai atas peran aktif  seluruh ASN Kabupaten Bangli beserta seluruh lapisan masyarakat Bangli dalam sejarah #MencatatIndonesia secara online di tahun 2020.
    Meskipun telah mencapai prestasi yang membanggakan, runtunan pelaksanaan Sensus Penduduk masih akan berlanjut pada bulan September 2020 untuk menjangkau masyarakat yang belum berpartisipasi secara daring serta mengkonfirmasi kembali beberapa isian bagi masyarakat yang sudah melaksanakan Sensus Penduduk Online. Mekanisme pendataan di wilayah Bali akan dilakukan dengan pendataan lapangan dengan mengutamakan protokol kesehatan. 
    “Mari kita semua dukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, karena pendataan ini akan sangat bermanfaat bagi semua pihak dan masa depan generasi mendatang anak cucu kita nantinya,”ungkap Bupati Bangli, I Made Gianyar, SH., M.Hum. 

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Bangli Sensus Penduduk Online Statistik BPS


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV