Bupati Buleleng Bagi Rahasia Sukses dan Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur - Beritabali.com

Informasi

Bupati Buleleng Bagi Rahasia Sukses dan Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Rabu, 18 Desember 2019 | 19:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST menjadi narasumber dalam kuliah umum Entrepreneurship Dharma Duta Week (DDW) 2019. Dengan tema “Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Muda”, PAS mendorong mahasiswa untuk miliki jiwa Entrepreneur.

Pilihan Redaksi

  • PDAM Buleleng Menjadi Perumda Air Minum Tirta Hita Denbukit Buleleng
  • Pelanggar Perda Sampah di Buleleng Divonis Denda
  • Pemkab Buleleng Buka Seleksi Direktur Utama PD Swatantra
  • Sebagai salah satu pengusaha sukses di Bali yang diundang oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja, PAS mengaku sudah mengalami pahit manisnya berwirausaha.
    “Selama ini ukuran capaian kesuksesan mahasiswa selalu dilihat dari capaian IPK nya, di era sekarang ini hal tersebut haruslah dirubah. Dosen dan civitas akademika harus mendorong mahasiswa untuk kreatif dan berinovasi,” Kata Bupati PAS di Wantilan Sasana Budaya, Rabu (18/12).
    Dirinya dengan gamblang mengungkapkan bahwa mengawali dunia entrepreneur ini, akibat dorongan keterbatasan materi yang dialaminya setelah ayahnda tercinta tutup usia. 
    “Saat itu, tepat pada usia 22 tahun saya sudah memiliki keberanian untuk membuka usaha restoran sendiri di denpasar,” sambung PAS
    Selang beberapa tahun kemudian, usaha yang dirintisnya menemui kegagalan akibat kalah saing dan inovasi saat itu. Tak cukup sampai disini, Bupati asal Banyuatis ini mulai merambahi dunia kontruksi bangunan dan pertama kalinya mendapatkan peluang itu dari pelanggan restoran.
    “Prinsip saya, pengalaman adalah guru terbaik dan jangan pernah berhenti belajar dari pengalaman “Learn by Experience” jangan takut mencoba hal yang baru,” tutur PAS.
    Diakuinya, karakter dirinya yang sangat berani dengan tantangan membuat ide-ide baru sering bermunculan. Usai berhasil dalam kontruksi bangunan dan mengusai hitung-hitungannya, PAS mulai terjun dalam dunia properti. 
    Tekadnya begitu kuat dalam belajar baik dari buku, hingga tak sungkan bertanya pada teman-temannya. Dari pukul empat pagi dirinya  sudah bangun, hingga pukul sebelas malam baru mulai untuk istrahat bekerja. Alhasil tak berselang lama, PAS lahir menjadi salah seorang pebisnis properti ternama di Bali.  
    “Jangan pernah berhenti mengisi hari-hari untuk belajar, ini penting untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan berfikir kita, bersaing boleh tetapi bersaing lah yang benar “Healthy Competition,” seru PAS disambut tepuk tangan para mahasiswa yang hadir.
    Sebagai pribadi yang ramah dan gemar memasak, Bupati dua periode ini sangat senang menghibur rekan bisnisnya dengan sedikit candaan kecil dalam diskusi yang membuat dirinya memiliki banyak teman. Terkadang saat pidato di hadapan publik pun kebiasaan itu terbawa dan menjadi hiburan bagi masyarakat Buleleng.
    “Ini juga adalah salah satu cara saya untuk dapat dekat kepada rekan bisnis dan masyarakat Buleleng, bahkan saya tidak sungkan memasakkan sendiri teman-teman, sahabat atau pejabat yang menyambangi rumah jabatan,” ungkap Agus Suradnyana.
    Tetapi, Saat ini zaman sudah menuntut segala sesuatu dengan sangat cepat. Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk memperdalam pengetahuan dan memperluas jaringan pertemanan. 
    “Untuk itu, dari cerita singkat ini adik-adik mahasiswa sebagai generasi penerus harus siap dan berani untuk mandiri,” harap PAS.
    Laki-laki harus berani mengambil resiko, belajarlah untuk disiplin menuntut ilmu, pegang kuat komitmen, selalu jujur dalam mengawali wirausaha sekecil apapun, selalu kreatif dan berani ciptakan inovasi serta terobosan baru. 
    “Saya yakin, adik-adik yang hadir disini bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Ingat, jika ingin sukses jauhi pula pergaulan bebas dan narkoba,” tutup PAS dengan tersenyum.   

    Penulis : Humas Buleleng

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Bupati PAS Buleleng Jiwa Entrepreneur


    Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

    Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV