Penyuluh Bahasa Bali Rawat Lontar Tentang Wariga Dan Usadha di Payangan - Beritabali.com

News

Penyuluh Bahasa Bali Rawat Lontar Tentang Wariga Dan Usadha di Payangan

Senin, 28 September 2020 | 22:50 WITA
Penyuluh Bahasa Bali, lontar, pandemi, protokol kesehatan

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Meski di tengah pandemi covid, Penyuluh Bahasa Bali yang bertugas di Kecamatan Payangan tetap melakukan perawatan lontar. Mereka melaksanakan tugasnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Pilihan Redaksi

  • Museum Gedong Kirtya Dijadikan Pusat Penelitian Lontar Kuno
  • Salah satu lontar yang dirawat tentang wariga dan usadha di rumah warga Banjar Pengaji, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar.
    Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Payangan, I Wayan Suarmaja menjelaskan perawatan lontar tersebut berjumlah 41 cakep. Itu dilakukan lantaran beberapa kondisi lontar sudah ada yang rusak, karena tiga generasi penerus tidak ada yang menekuni. 
    “Total jumlah lontar yang dikoleksi itu ada 41 cakep, dengan beberapa embatan-embatan yang sudah rusak,” jelasnya, Senin (28/9).
    Dalam kesempatan itu, pria yang juga selaku Koordinator Penyuluh Bahasa Bali tingkat provinsi itu memaparkan isi lontar kebanyakan tentang wariga. Dimana yang mengarah ke pebayuhan oton atau tenung paweton. Selain itu terdapat juga lontar yang berkaitan dengan usadha. Meski sejak tiga generasi sampai saat ini tidak ada yang menekuni, namun saat ini masih disimpan dengan baik.
    “Kami di Penyuluh Bahasa Bali melaksanakan kegiatan ini direncanakan dua kali, dikarenakan jumlah naskah yang cukup banyak. Dan tim yang turun juga terbatas, mengingat situasi saat ini di tengah pandemi. Saat melakukan perawatan naskah kami hanya turun bersama delapan orang, dan semua menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya.
    Suarmaja juga menjelaskan di tengah pandemi saat ini pihaknya mengaku belum bisa memaksimalkan kegiatan, terutama dalam perawatan lontar ke lapangan secara langsung. Sebab dibatasi dengan prosedur dan protokol kesehatan. Sehingga pihaknya lebih memanfaatkan pemberian materi atau pemahaman terkait Bahasa Bali melalui media sosial, dan pembahasan secara virtual. Salah satunya nama-nama buah, nama-nama jumlah uang, dan lain sebagainya. 
    “Selama pandemi, kegiatan kita juga tidak bisa maksimal. Karena ruang gerak terbatas,” jelasnya.

    Penulis : Kontributor Gianyar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Penyuluh Bahasa Bali Lontar Pandemi Protokol Kesehatan


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV