IB Kade Perdana Sebut Wedakarna Ngawur, Arogan dan Provokator - Beritabali.com

News

IB Kade Perdana Sebut Wedakarna Ngawur, Arogan dan Provokator

Rabu, 08 Januari 2020 | 11:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pernyataan Senator Bali Arya Wedakarna (AWK) di media sosial yang mengritik penyebutan "Surya" dan persaingan tidak sehat sulinggih di Bali mendapat respon dari warga Bali lainnya. Pernyataan AWK di media sosial disebut sebagai sebuah pernyataan yang ngawur, arogan dan provokatif.
Tanggapan atas pernyataan AWK di media sosial ini berasal dari warga Bali bernama Ida Bagus Kade Perdana. Saat dikonfirmasi Beritabali.com, Kade Perdana membenarkan ia telah merespon pernyataan AWK di media sosial.
"Iya benar itu memang pernyataan saya,"ujar Kade Perdana saat di konfirmasi, Rabu (8/1/2020).
Dalam pernyataan yang juga menyebar di media sosial ini, Ida Bagus Kade Perdana menulis:
Pak Weda Karna (WK) anggauta DPD RI Yth.: OSA Kami ingin mengklarifikasi apakah itu benar merupakan sikap Anda dalam keadaan sadar dengan pernyataan Anda yang sangat tajam keras dan sangat berani namun ngawur penuh arogansi yang cenderung berlaku sebagai provokator tidak berbeda dengan prilaku penjajah. Sangat merendahkan dengan menyudutkan pihak kami sepertinya mau mengadu domba pihak kami dengan pihak lainnya sesama krama Bali dan umat sedharma. 
Bila benar demikian dengan sadar anda lakukan itu kami sangat kecewa, mengutuk dan menyesalkannya sikap dan pernyataan Anda WK seperti itu. Kendatipun itu merupakan hak anda WK bisa berbuat seenak udelmu dan berbicara seperti itu. Kami benar benar kecewa dengan pernyataan Anda WK yang cenderung mengadu domba dan memecah belah krama Bali umat sedharma yang sedari dulu berusaha hidup harmonis rukun dan damai. Tadinya kami menghormati Anda WK namun sekarang hilang lenyaplah sudah rasa hormat kami kepada Anda WK. Kendatipun Anda WK mengaku raja dan menjabat sebagai anggauta DPD RI kami tegas tidak diwakili oleh Anda WK dan kami tidak mengakui bahkan kami tidak pernah menganggap Anda WK sebagai raja. Kami sedikitpun tidak gentar kepada Anda WK. 
Anda WK telah memulainya dan Anda WK telah menjualnya kami siap membelinya demi kehormatan kami. Lebih baik mati berkalang tanah daripada hidup bercermin bangkai. Sebagai anggauta DPD RI dan mengklaim diri sebagai raja tidak semestinya berbicara seperti itu. Kalau mau dihargai hargailah orang lain. Ini benar benar tidak sehat mengadu domba sesama krama Bali dan berpotensi menghancurkan persatuan komunitas Bali dengan menyerang keberadaan kami sesama krama Bali umat sedharma. Justreru Anda WK ini sudah kehilangan akal sehat, mabuk segalanya dan sangat tidak bijaksana. Bahkan sudah pasti Anda WK sepertinya sudah tidak punya adab berbicara seperti itu dan tidak layak dihormati. 
Dipastikan Anda WK cepat atau lambat akan dijauhi oleh keberuntungan terkena hukum karma. Hidupmu WK yang penuh kebencian, arogansi dan dikuasai sad ripu, dengan menghalalkan segala cara diyakini Anda WK akan menanggung karma buruk menuai penderitaan dan kesengsaraan yang dahsyat kedepan. Sudah barang tentu tidak akan ada orang yang menghormatimu kelak. Bila Anda WK tidak menyadari kekeliruannya berbicara seperti itu untuk mencari panggung dan pengaruh itu perilaku yang tidak positif, tidak kondusif, tidak terpuji dan salah besar tidak selaras sebagai orang yang memahami nilai nilai luhur ajaran agama Hindu yang mengedepankan keagungan Dharma dan sifat hakiki manusia Bali dengan budayanya yang penuh tata krama sopan santun, dengan budi pekerti yang bernilai tinggi sesuai dengan karakteristik keperibadian manusia Bali yang adiluhung yang bersumber dari kearifan lokal yang demikian kuat mendasarinya. 
Kepada segenap semeton brahmana Gribia mari kita bulatkan tekad untuk menjaga dan mengapresiasi keberadaan kita dalam menghadapi kondisi yang berkembang yang tertantang dan dipaksa kita untuk keluar menghadapinya. Demikian pernyataan dan sikap kami untuk diketahui, dipahami dan dimaklumi oleh Anda WK. Terima kasih Anda WK telah membangunkan macan tidur. Hidup Umat Sedharma Krama Bali. Ida Sang Hyang Widhi senantiasa berkenan memberkahi kita semua. Astungkara OSSSO Hormat kami Ida Bagus Kade Perdana
"Ngiring kita ciptakan kondisi yang positif dan kondusif. Bali yang santi rukun damai sejahtera dan bahagia lahir batin. Umat sedharma krama Bali mampu menjaga dan mengapresiasi Bali menjadi lebih baik, maju, modern tanpa meninggalkan budaya asli dan peradaban Hindu. Dahat suksema," imbuh IB Kade Perdana.

Penulis : Tim Liputan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Wedakarna Sulinggih Bali Arya Wedakarna Awk


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV