Tingkatkan Jumlah Dokter Hewan, Gratiskan Pemeriksaan di Hari Kerja - Beritabali.com

News

Pemkab Jembrana Tingkatkan Produktifitas Ternak

Tingkatkan Jumlah Dokter Hewan, Gratiskan Pemeriksaan di Hari Kerja

Selasa, 14 Januari 2020 | 20:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Upaya Pemkab Jembrana mewujudkan kemandirian pangan khususnya di sektor peternakan terus dilakukan. Peternakan prioritas, karena besarnya potensi Jembrana disektor ini didukung lahan serta lokasinya yang luas, memudahkan warga peternak mencari pakan.

Pilihan Redaksi

  • Diduga Belum Berijin, Pol PP Jembrana Sidak Proyek Perumahan
  • Polres Jembrana Tanam 1.301 Pohon
  • Tambahan Penghasilan Pegawai Diujicoba, Kehadiran ASN Jembrana Lebih Banyak dari Biasa
  • Salah satu langkah meningkatkan sektor peternakan diantaranya dengan menambah jumlah tenaga dokter hewan. Keberadaan mereka vital bertanggung jawab terhadap kesehatan ternak warga, memberikan edukasi dan sosialisasi sekaligus penanggulangan penyakit. Tujuan akhirnya tentu untuk meningkatkan ketahanan pangan serta kesejahteraan masyarakat.
    Dikatakan Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat  Viteriner , drh I Wayan Widarsa ditemui di ruang kerjanya, selasa (14/1), penambahan dokter hewan diadakan secara bertahap, baik itu melalui pengadaan CPNS maupun kontrak khusus. 
    “Saya catat pada 2011 lalu, kita hanya mempunyai tenaga dokter sebanyak 4 orang. Jumlah itu tentu saja jauh dari cukup mengingatnya banyak populasi ternak serta warga peternak yang harus dilayani,“ ujar Widarsa.
    Atas komitmen pimpinan daerah, secara perlahan kuota yang ideal coba dipenuhi. Hingga sekarang total tenaga dokter hewan yang bekerja di Pemkab Jembrana sudah sebanyak 22 orang. Artinya tiap kecamatan sudah tercover 2 orang yang rutin melakukan kunjungan di wilayah binaannya masing—masing. 
    Selain itu kata Widarsa, apabila ada keluhan dari warga terkait kondisi ternaknya mereka juga diwajibkan segera turun ke bawah. Bahkan penanganan ternak warga itu  digratiskan karena pemerintah daerah sendiri telah menanggung termasuk obat yang diperlukan. 
    “Kita wajibkan mereka untuk turun kebawah secara terjadwal termasuk apabila ada laporan warga. Kita sasar kelompok ternak dan warga peternak. Pelayanan dihari kerja kita gratiskan. Tapi apabila ternak yang diperiksa merupakan hibah pemerintah atau milik  kelompok tetap kita gratiskan, kendati pemeriksaan di hari libur," sambung Widarsa.
    Selain menyasar ternak warga, pihaknya juga rutin melakukan pengecekan kesehatan Rumah Potong Hewan ( RPH) dipasar. Pemeriksaan rutin untuk memastikan kesehatan dan kemanan ternak sebelum ternak itu dipotong dan dikonsumsi warga. Pemeriksaan juga berlaku bagi pemindahan pulau hewan oleh pengusaha.
     

    Penulis : Kontributor Jembrana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Jembrana Produktifitas Ternak Dokter Hewan


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV