Temuan Ikan Mengandung Mikro Plastik di Laut Dekat Perkotaan - Beritabali.com

News

Temuan Ikan Mengandung Mikro Plastik di Laut Dekat Perkotaan

Rabu, 19 Februari 2020 | 19:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Dari hasil pemetaan Kementrian Kelautan dan Perikanan di sejumlah wilayah laut di Indonesia ditemukan ikan yang mengandung mikro plastik terutama daerah laut di dekat kota-kota besar.

Pilihan Redaksi

  • Bekraf Denpasar Dorong Kompetisi E-Sport untuk Asah Kemampuan Pemain
  • Selisih Paham, Pelaku Aniaya Keluarga Sendiri Hingga Tewas
  • Bluebird Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan
  • Kasubdit Restorasi Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Sapta Putra Ginting mengatakan beberapa wilayah laut di Indonesia telah dilakukan pemetaan. Pemetaan dilakukan guna mengetahui seberapa besar ikan laut telah mengandung mikro plastik. 
    Pemetaan dilakukan mulai dari Pelabuhan ikan Paotere di Makasar, Teluk Jakarta, Pulau Martua di Kalimantan dan selat Sumatera.
    "Sudah ada penelitian terkait pemetaan laut di 4 wilayah di Indonesia, Sejauh ini ikan yang mengadung mikro plastik di laut masih terdapat di dekat kota-kota besar saja," jelasnya pada Selasa (18/02/2020) di Badung.
    Misalnya, kata dia, di salah satu laut di daerah di Indonesia, setelah dilakukan pemeriksaan dari 66 ekor ikan laut sepertiga ikan laut tersebut telah mengandung mikro plastik. 
    Sedangkan untuk di Bali, menurutnya diperkirakan jumlahnya banyak karena dengan asumsi Bali juga menerima sampah laut dari negara-negara lain.
     Meskipun demikian, lanjutnya, jumlah ikan yang mengandung mikro plastik di beberapa laut di Indonesia bisa dikatakan, tetap di batas ambang jika dikomposisikan dengan jumlah ikan di seluruh Indonesia. 
    Untuk itu, dirinya tetap menganjurkan agar masyarakat tetap mengonsumsi ikan laut, karena kandungan omeganya. 
    Dengan kondisi tersebut, ada beberapa upaya yang Pemerintah lakukan dalam mengurangi sampah plastik. Yaitu, dengan cara mengurangi 30% dari 1,3 juta ton sampah yang ada.
    Beberapa upaya yang telah dilakukan KKP mulai dari, edukasi penyadaran masyarakat, pembangunan dan pengolahan sampah di darat yang ditangani Kemeterian Lingkungan Hidup dan PU, yang untuk di laut ditangani KKP. 
    "Misalnya jaring ikan para nelayan, ada penegakan hukum juga. Penegakan hukum dilakukan terutama bagi yang masih membuang sampah secara sembarangan serta upaya selanjutnya yaitu, terkait keuangan, untuk membuat aturan cukai plastik. Meski demikian, kita tetap membangun optimisme," tutupnya.

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : KKP Temuan Ikan Mikroplastik


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV