Prolanis, Dorong Penderita Penyakit Kronis Capai Kualitas Hidup Optimal - Beritabali.com

Kesehatan

Prolanis, Dorong Penderita Penyakit Kronis Capai Kualitas Hidup Optimal

Sabtu, 18 Januari 2020 | 20:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Sejumlah warga yang tergabung dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), Sabtu (18/01/2020) berkumpul di Puskesmas Selat untuk turut serta merayakan setahun program tersebut berjalan.

Pilihan Redaksi

  • Adu Jangkrik, 2 Remaja Karangasem Dirujuk ke RSUP Sanglah
  • Sekaa Gender Anak Kecamatan Abang Bakal Wakili Karangasem di PKB
  • Pagi Ini Karangasem Digoyang Gempa Magnitudo 3,4
  • Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) ini adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.
    "Manfaatnya bagi peserta, mereka diberikan pengetahuan tentang berbagai penyakit kronis dan hal-hal yang harus dihindari termasuk cara merawat diri seperti menjaga pola makan, apa saja yang perlu dibatasi terutama dalam mengkonsumsi makanan," kata I Gusti A. A Ngurah Sinta Yama Sewi selaku pelaksana yang juga sebagai salah satu staf Perawat di Puskesmas Selat.
    Lanjut Sinta, adapun tujuan program ini adalah untuk mendorong para peserta penyandang penyakit kronis agar mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama (FKTP) memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis.
    Dalam kesempatan tersebut, para peserta yang hadir diajak senam Prolanis serta diberikan edukasi. Untuk kegiatan di luar perayaan ini, para peserta juga diberikan penyuluhan pada setiap pertemuan yang diadakan setiap sebulan sekali pada minggu ke-3 di hari Jumat. 
    Disamping itu, dengan kegiatan prolanis ini juga sebagai salah satu syarat untuk pemenuhan KBK (Kompetensi berbasis Kinerja) yang nantinya akan berpengaruh terhadap pendapatan kapitasi.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Prolanis Lansia Program Karangasem


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV