Pemasaran Cengkeh Buleleng Libatkan BUMDes - Beritabali.com

Informasi

Pemasaran Cengkeh Buleleng Libatkan BUMDes

Senin, 20 Januari 2020 | 16:15 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Penanganan hilir pertanian di Kabupaten Buleleng terus dikebut. Salah satunya adalah mengenai penjualan cengkeh. Nantinya, penyerapan hasil cengkeh akan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pilihan Redaksi

  • Buah Naga Buleleng Sasar Pasar Ekspor ke Tiongkok
  • Pasar Banyuasri Diharapkan Mampu Topang PAD Buleleng
  • Pemkab Buleleng Sinergi dengan Advokat Beri Edukasi Hukum
  • Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa, I Made Subur, SH saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/1). 
    Subur menjelaskan upaya ini dilakukan dengan sinergi antara Dinas Pertanian, Pemerintahan Desa dan BUMDes. Ini dilakukan untuk membuka peluang kerja bagi masyarakat desa. Bumdes bisa menyediakan tukang petik untuk para petani. 
    Selain itu, BUMDes juga bisa mengelola dan mengumpulkan hasil panen para petani serta disalurkan ke beberapa buyer untuk memotong sirkulasi jaringan pemasaran. 
    “Nantinya, ada Memorandum of Understanding (MoU) dengan BUMDes dan juga para buyer termasuk peningkatan kapasitas mengenai pengolahan cengkeh,” jelasnya.
    Dengan manajemen melalui BUMDes, akan diketahui kualitas cengkeh masing-masing desa. Diserapnya cengkeh-cengkeh yang dihasilkan, nantinya takan mengurangi kesan yang tidak baik terhadap petani. 
    Selama ini, petani hanya menjadi korban tatkala cengkeh yang dihasilkan kualitasnya tidak baik. Tinggal, kepala desa menindaklanjuti dengan memetakan hasil cengkeh. 
    “Berapa yang dihasilkan di desa tersebut sehingga bisa disinergikan dan dikerjasamakan dengan BUMDes,” ujar Subur.  

    Penulis : Humas Buleleng

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Cengkeh Buleleng Pemasaran BUMDes


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV