Menteri PUPR: Bali Akan Miliki Lima Ruas Tol Baru - Beritabali.com

News

Menteri PUPR: Bali Akan Miliki Lima Ruas Tol Baru

Jumat, 24 Januari 2020 | 08:05 WITA

beritabali.com/file

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JAKARTA.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebutkan bahwa Pulau Bali akan memiliki lima ruas jalan tol (bebas hambatan) baru setelah jalan tol Bali Mandara yang sudah beroperasi beberapa tahun lalu.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pada mulanya Pemerintah Provinsi Bali mengusulkan untuk dibangun 16 ruas tol baru.
"Tadinya mereka (Pemprov Bali) minta 16 ruas, tapi setelah dilihat tata ruangnya, yang bisa kita sepakati hanya lima ruas," ujarnya, Kamis (23/1/2020) dilansir Bisnis.com
Kelima ruas tol tersebut yakni Gilimanuk—Denpasar, Gilimanuk—Tabanan, Tabanan—Kuta, Kuta—Padang Bai, dan Kuta—Tanah Lot, baru memasuki proses penyesuaian tata ruang.
Selain itu, Menteri Basuki juga menyampaikan bahwa ada usulan pembangunan ruas Gilimanuk—Denpasar dilakukan oleh badan usaha sebagai pemrakarsa. Hanya saja, belum ada keputusan terkait siapa pemrakarsa tersebut.
Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster diketahui telah menerima investor swasta melakukan presentasi terkait dengan kelayakan ruas tol Gilimanuk—Denpasar lewat prastudi kelayakan.
Pemprov Bali akan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR guna merealisasikan pembangunan ruas tol yang diperkirakan menelan investasi lebih dari Rp 10 triliun ini.
Masih terkait dengan ruas tol Gilimanuk—Denpasar, Menteri Basuki memastikan bahwa hingga saat ini pihaknya belum ada rencana menyambungkan ruas tol tersebut dengan jaringan tol Trans-Jawa melalui jalur darat atau jembatan.
"Belum ada (rencana), tapi kalau Bali mau bikin ruas tol, itu ada. Namun, tidak disambung (ke tol Trans-Jawa)," ujarnya.

Penulis : Media Network

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Jalan Tol Bali


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV